Artikel

Halaman : 6
Menampilkan 101 - 120 dari 171 data

Belenggu Sampah Jakarta

PERSOALAN yang mencekik Jakarta terus bertambah dari hari ke hari, tetapi penyelesaiannya sangat lamban.

Nasib Sampah Jakarta...

Warga Bojong kembali menggagalkan rencana uji coba pengolahan sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Bojong, Bogor.

Jeffrey D Sachs tentang MDGs

Harian The New York Times punya alasannya ketika menobatkan Jeffrey D Sachs (50) sebagai ekonom terpenting di dunia saat ini. Ia dikenal kritis terhadap Pemerintah AS.

MDGs dan Indonesia

Dalam rangka mengurangi jumlah penduduk miskin di dunia, Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2000 telah mendeklarasikan Millennium Development Goals atau MDGs.

Kanker Bergentayangan di Sekitar TPA

HIDUP berdampingan dengan timbunan sampah memang serba susah. Selain bau dan jorok, asap yang mengepul akibat terbakarnya gas metan juga bisa mengakibatkan penyakit serius, kanker.

Cara Aman Tentukan Lokasi TPA

BUANGLAH sampah pada tempatnya. Kalimat itu sering kita jumpai di berbagai tempat baik dalam bentuk stiker, tulisan papan, maupun bentuk lainnya.

Mengelola Sampah Tak Perlu Teknologi Mahal

Untuk kesekian kalinya, masyarakat di sekitar Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Desa Bojong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat berontak.

Nasib Pengelolaan Sumber Daya Air

Dukungan Prof A Mukthie Fadjar dan Maruarar Siahaan SH, dua anggota hakim Mahkamah Konstitusi, untuk menerima judicial review UU No 7/2004 tentang sumber daya air yang amat menyusahkan masyarakat banyak ternyata kandas.

Air Mengalir Menjauhi Konstitusi

Putusan pengujian materi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air telah dikeluarkan Mahkamah Konstitusi. Meski dua hakim mengajukan dissenting opinion, putusannya menolak permohonan para pemohon secara keseluruhan.

MDGs dan Kemiskinan di Indonesia

Tanggal 3-5 Agustus 2005, Indonesia menjadi tuan rumah Regional Ministerial Meeting on MDGs in Asia and The Pacific. Pertemuan ini untuk menyiapkan posisi negara- negara Asia-Pasifik dalam menghadapi Millennium +5 Summit September 2005.

Sampah di Sungai Pun Bisa Berharga

Sampah yang terbawa arus di sungai pun ternyata masih banyak yang berharga. Di beberapa kawasan muara sungai di Jakarta, banyak pemulung yang bersedia mengumpulkan sampah di sungai itu, khususnya sampah plastik.

Bersekolah di Areal Pembuangan Sampah

Sigit (9) kini tidak lagi bersekolah. Ia pernah bersekolah sampai kelas dua SD di kampungnya di Puloasem, Cikarang, Jawa Barat.

Panorama Gunung Sampah

Sekitar enam bulan lalu Ita Safriza (38) merasa langsung terpikat dengan bunyi iklan sebuah perumahan di Depok yang menyebut, Panorama Gunung Salak di Depan Mata.

Mari Berhemat Menggunakan Air

Hanya beberapa hari sebelum peringatan Hari Air Sedunia pada 22 Maret lalu, Pemerintah Daerah DKI menyatakan tengah mempersiapkan peraturan daerah mengenai kewajiban setiap rumah tangga mengelola limbah cairnya (Kompas, 17 Maret 2005).

Terus Ancam Jakarta dan Kian Hari Tambah Gawat

Kuantitas dan kualitas air Jakarta terus turun. Selain cadangan air tanah semakin terkuras, sebagian air sumur juga tercemar bahan-bahan organik dan anorganik.

Lanting, Rumah Antibanjir

Jangan menganggap enteng rumah lanting. Inilah contoh keunggulan nenek moyang kita dalam merancang bentuk rumah yang sesuai dengan kondisi alam setempat.

Muntaber di Tangerang, Ironi di Tepian Ibu Kota RI

LETAKNYA hanya sekitar 1,5 jam perjalanan dari Ibu Kota RI atau sekitar 40 kilometer saja dari Istana Negara, tetapi di zaman era digital ini hampir seluruh warga desa di Kecamatan Sepatan, Pakuhaji, Mauk, dan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, tidak memiliki jamban keluarga.

Hidup dari Sampah

TENGGOROKAN terasa masih tersumbat bila terkenang masyarakat Leuwigajah dan Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, meninggal akibat longsoran tumpukan sampah hasil penimbunan terbuka (open dumping).

Mengajari Para Ibu Bikin Kompos

Singkawang,- SAMPAH siapa mau berdekat-dekat. Tetapi acung jempol buat Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Singkawang.

Mesin Filter Air Minum

Manusia dan makhluk hidup lainnya, tidak akan dapat hidup tanpa ada air.

Terpopuler di Artikel

Tanah tak Lagi Menyimpan Air

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Artikel

Sipesat, Cara Depok Menuju Bersih

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Artikel

Ada "Wewangian" Baru di Kota Bandung

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Artikel

Bangga Menjadi Abdi di "Kerajaan Sampah"

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Artikel

Budayakan Membangun Sumur Resapan...

Kategori : Kumpulan Berita - Kliping - Artikel