Pangkep Belajar Sampah Di Pinrang

Sumber:ujungpandangekspres.co - 11 April 2013
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Selasa (9/4), sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Pangkep dipimpin Wakil Bupati Pangkep, H Abdul Rahman Assegaf dan Sekretaris Daerah, A Anwar Racca bertandang ke Kabupaten Pinrang dalam rangka study banding. Rombongan diterima langsung Wakil Bupati Pinrang, Kaharuddin Mahmud didampingi sejumlah kepala SKPD, kabag, asisten dan lainnya. 

Dalam kunjungannya, rombongan menitikberatkan pada keberhasilan Kabupaten Pinrang dalam tata cara pengelolaan sampah. Hadirnya Bank Sampah di Kabupaten Pinrang yang dimotori Badan Lingkungan Hidup selaku instansi pemerintah, dianggap cukup sukses sehingga sampah bisa memberi income tambahan buat masyarakat.

Sekretaris BLH Kabupaten Pinrang, Ir Sudirman dalam pemaparannya menjelaskan, kelebihan program Bank Sampah yang mulai dijalankan di Kabupaten Pinrang dikarenakan hal ini murni dikelola pihak swasta dan partisipasi masyarakat. Pemerintah kabupaten hanya bertindak selaku fasilitator dan motivator, dan hebatnya lagi tidak menggunakan bantuan APBD sepeserpun dalam pelaksanaannya. Inilah alasan mendasar sehingga Kementerian Lingkungan Hidup mengarahkan kabupaten/kota yang ada di Sulsel untuk belajar dan ke Kabupaten Pinrang.



Post Date : 12 April 2013