Jambore Sanitasi 2013

Sumber:rri.co.id - 26 Juni 2013
Kategori:Sanitasi

Target untuk meningkatkan proporsi rumah tangga terhadap akses sanitasi yang berkelanjutan pada tahun 2015 sudah mencapai 62 persen

Untuk kelima kalinya. Sejak tahun 2008 Ditjen Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum menyelenggarakan Jambore Sanitasi2013.Untuk tahun ini Jambore Sanitasi melibatkan hampir 198 siswa SMP dari 33 provinsi seluruh indonesia yang merupakan pemenang loba poster dan lomba karya tulis, penyuluhan bidang sanitasi tingkat propinsi

Thema  Jambore Sanitasi tahun ini adalah. "Bersama Kita Peduli Sanitasi dan Air Minum" acara ini juga sebagai salah satu kegiatan comunity outreach yang menggunakan anak sebagai agen perubahan untuk meningkatkan kepedulian dan perubahan prilaku masyarakat terhadap pentingnya sanitasi yang baik. Hal ini penting sebagai sarana untuk mencapai target MDGs.

Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto saat jumpa pers pada acara Gema Indonesia Peduli Sanitasi 2013 di Ecopark Ancol Rabu (26/6/2013) menyatakan, perlunya bahu membahu untuk bekerja keras mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat melalui berbagai cara, maka optimis pencapaian 62 persen pada tahun 2015. Akan terwujud.

Kegiatan yang melibatkan siswa SMP dan siswa SD ini bertujuan agar anak anak sejak dini dilatih kesadaran dan kepeduliannya terhadap sanitasi yang baik serta air yang bersih dan lestari.  Kegiatan ini didukung oleh Kementrian dan Lembaga terkait seperti Kementrian Ksehatan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian lingungan Hidup, Kementrian Perncanaan. Pembangunan Nasional, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Semantara itu Dirjen Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementrian Kesehatan, Prof DR dr Yoga Chandra mengatakan pada tahun 2015 kawasan kumuh di Indonesia akan berkurang. Dan saat ini ada tiga. Program yang sedang di kerjakan oleh Kementrian Kesehatan seperti Sanitasi air, Aids, TBC, sanitasi yang berhubungan dengan Kesehatan Masyarakat ( STBM).

Ada 5 pilar yang harus diperhatikan pada kebersihan lingkungan seperti,Stop BAB sembarangan, Cuci Tangan pake Sabun, Pengolahan makanan dalam rumah tangga, pengolahan limbah cair dan pengolahan limbah padat.

 



Post Date : 27 Juni 2013