Proceeding Lokakarya Pembelajaran Pengelolaan Data AMPL. Sumedang, 15-19 April 2013

Pengarang:Waspola Facility
Penerbit:Jakarta: Waspola Facility, 2013
Halaman:ii, 73 hal + tabel + gambar + grafik; 30 cm
No. Klasifikasi:363.61 Was p
Kata Kunci:Waspola Facility, Pengelolaan Data, AMPL, Nawasis
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Prosiding

Hingga kini pembangunan sektor air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL) di Indonesia masih belum didukung oleh data yang berkualitas. Untuk itu pada tahun 2009-2010, Waspola Facility melakukan uji coba untuk pengelolaan data di Kabupaten Bangka. Uji coba ini berjalan dengan baik dan sampai saat ini data AMPL masih dikelola dengan baik sehingga dapat menjadi acuan penyusunan perencanaan daerah dari tingkat desa hingga provinsi.  Pengelolaan data ini pula menghantarkan Kabupaten Bangka meraih berbagai penghargaan di tingkat nasional. Pelaksanaan pengelolaan data ini menarik minat Kabupaten Pasaman, Sijunjung dan Sumedang untuk belajar Kabupaten Bangka. Untuk itulah maka diselenggarakan lokakarya pembelajaran pengelolaan data pada 15-19 April 2013 di Kabupaten Sumedang.

Tujuan diselenggarakannya lokakarya yaitu mendorong pertukaran pengetahuan bagi Pokja AMPL Sumatera Barat, Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Pasaman dan Sijunjung, Kabupaten Sumedang serta Kabupaten Bangka dalam melakukan replikasi pengelolaan data AMPL yang mandiri dan berkelanjutan, yang telah sukses dilakukan di Kabupaten Bangka dan memberikan pemahaman mengenai posisi Nawasis dalam pengelolaan data kepada provinsi dan kabupaten peserta.

Hasil yang diperoleh dari lokakarya ini terbagi dalam 6 kategori yaitu horizontal learning tentang pengelolaan data AMPL, pengelolaan data yang memadai, pemanfaatan data, perlunya komitmen pemangku kepentingan, penguasaan instrumen dan tindak lanjut.



Post Date : 31 Mei 2013