Sosialisasi Sanitasi, Dinas PU Sumsel Gaet Pelajar

Sumber:realpost.co.id - 27 Mei 2013
Kategori:Sanitasi

Gerakan Indonesia Bersih (GIB) yang dicanangkan oleh Presiden RI pada 2011 lalu hingga saat ini terus berjalan. Di Sumsel sendiri, GIB bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sumsel dan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) mulai menggaet para pelajar untuk menyosialisasikan sanitasi yang baik di kehidupan dan lingkungan Sumsel.

Kepala Dinas PU Cipta Karya Sumsel, Rizal Abdullah menegaskan, pihaknya sangat menyambut baik GIB dan diharapkan dapat dilaksanakan secara menyeluruh.

“Sanitasi merupakan indikator kesejahteraan masyarakat. Sanitasi yang buruk akan berdampak pada kualitas lingkungan, terutama kondisi air. Ini juga tercermin dari buruknya pengelolaan limbah domestik. Sarana dan prasarana lingkungan, salah satu strateginya yakni menggaet anak-anak di kelompok strategi, karena anak dapat menjadi agen perubahan. Ini dapat membentuk generasi baru yang peduli sanitasi,” tuturnya pada perhelatan Lomba Poster dan Penyuluhan dan Karya Tulis dan Penyuluhan pada acara Pemilihan Duta Sanitasi Sumsel di Ballroom lantai II Hotel Jayakarta Daira Palembang, Selasa (21/5).

Untuk meningkatkan sanitasi yang baik di Sumsel, pihaknya juga memiliki kewajiban untuk memotivasi anak-anak untuk menjadi ujung tombak dalam penerapan sanitasi.

Dinas PU Cipta Karya mempunyai tugas mengembangkan pemahaman dan memotivasi anak-anak untuk terlibat dalam penyehatan lingkungan, salah satu wujud diselenggarakannya lomba poster dan karya tulis penyuluhan siswa SMP.

“Agar nantinya peserta dapat berperan aktif dan hasilnya bermanfaat dan dapat berperan aktif dalam penyebaran pengetahuan sanitasi lingkungan. Lomba yang digelar tingkat SMP ini digelar hingga 23 Mei,” urainya.

Sementara itu, Perwakilan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Rosi Rosana Anton Apriyono mengatakan, untuk meningkatkan kepedulian masyarakat untuk lingkungan dan kesehatan harus melalui peran penting agen pemuda.

“Gerakan Indonesia Berseri yang diprakarsai oleh Presiden RI memotivasi dan memberikan dorongan kepada masyarakat agar semakin peduli menyehatkan lingkungan. Dalam tindakan nyata harus mencakup seluruh fasilitas publik, seperti Rumah Sakit (RS), Sekolah, Perkantoran, Rumah Ibadah, Sarana Transportasi, Ruang Terbuka Hijau dan lainnya,” imbuhnya.

GIB diharapkan dapat menjadi satu upaya strategis dalam mewujudkan lingkungan bersih dengan ruang publik yang sehat, nyaman dan tanpa polusi. SIKIB mendukung gerakan nasional menuju Indonesia berseri dan mengajak organisasi perempuan lainnya, PKK pusat dan kecamatan, Darma wanita kesatuan, Ikatan Istri Pimpinan BUMN di Indonesia, dan lainnya.

“Kita juga melibatkan organisasi sosial, Kepemudaan, Menwa, Pramuka, dan lainnya Sejalan dengan upaya tersebut Kementrian PU membidangin sektor sanitasi meningkatkan upaya kepedulian sanitasi, disinergikan dengan kegiatan GIB, kampanye perubahan prilaku nasional, dan Jambore sanitasi dari 2008,” tambahnya.

Ia melanjutkan, mereka akan melakukan pemancangan slogan GIB di SDN 179 Palembang dan SMPN 9 Palembang. Dimana, slogan ini guna mengingatkan masyarakat agar melakukan hidup bersih dan sehat, karena tanggung jawab semua yang didukung dinas terkait dan juga memotivasi seluruh komponen masyarakat untuk melakukan GIB.

 



Post Date : 28 Mei 2013