Masyarakat Belum Peduli Lingkungan

Sumber:Jurnal Nasional - 15 Mei 2013
Kategori:Lingkungan
INDEKS Perilaku Masyarakat Peduli Lingkungan menyebutkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap lingkungan rendah.

Asisten Deputi Komunikasi Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup, Siti Aini Hanum mengatakan Indek Perilaku Masyarakat Peduli Lingkungan di Indonesia kurang menggembirakan.

Pandangan tersebut muncul atas hasil penelitian yang dilakukan oleh KLH tentang kajian Perilaku Masyarakat Peduli Lingkungan di 12 Provinsi di mana secara nasional rata-rata berada di 0,57 persen.

"Akar masalah mengenai perilaku tersebut bervariasi, pokoknya pendidikan, umur dan gender memiliki hubungan dengan perilaku masyarakat terhadap kepedulian pada lingkungan," katanya saat sosialisasi hasil penelitian KLH mengenai perilaku masyarakat peduli lingkungan di Jakarta, Selasa (14/05).

Dia mengatakan kondisi kepedulian masyarakat yang kurang menggembirakan tidak berbanding lurus dengan pengetahuan masyarakat terhadap lingkungan. Berdasarkan penelitian ini, pengetahuan masyarakat terhadap lingkungan tinggi sekitar 60,2 persen.

"Hal Itu jadi tidak sinkron, penyebabnya bisa jadi karena infrastruktur yang kurang, keterbatasan atau tidak peduli sama sekali terhadap lingkungan," katanya.

Menurutnya, hasil penelitian ini menjadi satu dasar untuk KLH lebih efisien dan efektif dalam melakukan kampanye soal perilaku masyarakat terhadap lingkungan. "Kita akan melakukan intervensi kampanye serta membuat policy brief terhadap perilaku masyarakat peduli lingkungan," katanya.

Menurutnya, indek perilaku masyarakat peduli lingkungan ini idealnya dilakukan kembali itu lima tahun jika penelitian ini dianggap sebagai baseline. "Kita mesti mempertajam metodologi serta lebih jernih lagi menemukan indikator agar lebih tepat," katanya.

Berdasarkan hasil penelitian KLH mengenai kajian perilaku masyarakat peduli lingkungan secara nasional 0,57 persen diambil rata-rata dari beberapa indikator-indikator yaitu perilaku konsumsi energi 0,84 persen.

Perilaku membuang sampah 0,64, perilaku pemanfaatan air bersih 0,41, perilaku pemanfaatan bahan bakar 0,28, perilaku penyumbang emisi karbon 0,59 persen dan perilaku hidup sehat 0,66 persen.

Penelitian KLH dilakukan secara purposive kepada 6048 responden anggota rumah tangga di 12 provinsi. Penelitian ini dibantu oleh Pusat Studi di UGM soal Kependudukan. Ridwan Fauzi


Post Date : 15 Mei 2013