Menteri Minum Air Olahan Limbah Sekolah Adiwiyata

Sumber:republika.co.id - 20 November 2014
Kategori:Air Limbah
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam kunjungannya ke sekolah Adiwiyata di Surabaya, Kamis, meminum air olahan limbah.

Siti diajak berkeliling melihat sekolah seraya mendapatkan penjelasan tentang kegiatan yang dilakukan sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan.

Saat sampai di kolam kecil usai meninjau sistem pengolahan air limbah, ia langsung mengambil air dengan tangan dari keran di kolam yang berada di tengah taman SMK Katolik Mater Amabilis Surabaya itu.

Air di kolam tersebut merupakan hasil olahan dari air limbah dapur asrama dan sekolah. Setelah diolah air tersebut bisa langsung diminum.

SMK Katolik Mater Amabilis adalah sekolah penerima Penghargaan Adiwiyata Mandiri 2014. Di sekolah tersebut memanfaatkan air limbah atau "zero waste water system".

Selain air limbah dapur yang diolah dan bisa langsung diminum, air limbah toilet juga diolah dan dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan air yang lain seperti untuk menyiram tanaman.

Usai berkeliling, Siti juga mencicipi kue-kue buatan siswa jurusan tata boga dan diajak berfoto bersama oleh mereka.

SMK Mater Amabilis melakukan berbagai kegiatan unggulan sekolah terkait pengelolaan lingkungan hidup selain inovasi "zero waste water system".

Mereka juga melakukan komposter dan membuat lubang biopori untuk menangani limbah kantin dan daun, selain itu siswa juga membuat wine atau anggur dari kulit buah yang dipakai untuk campuran makanan oriental.


Post Date : 20 November 2014