Iih! Di Lahat Masih Banyak Jamban Gantung

Sumber:rmolsumsel.com - 10 Juni 2014
Kategori:Sanitasi
Masih banyak Kabupaten Lahat menggunakan jamban gantung di pinggir sungai untuk buang air besar (BAB). Padahal air sungai tersebut digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup, mulai dari mandi hingga minum.

 Kabid Pengendalian Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Farida Hasibuan mengatakan, aliran sungai tercemar akibat aktivitas BAB. Ini  bisa menimbulkan penyakit di masyarakat. Karena itu pihaknya berupaya meminimalisir jamban gantung, dengan kembali menggalakkan program Bantuan Kloset Gratis.

"Survey beberapa waktu lalu menunjukkan, masih banyak jamban gantung di daerah pedesaan. Dinkes akan terus melakukan pemicuan sanitasi kepada penduduk desa, yang memang belum memiliki kloset layak pakai, sehingga mereka tergerak untuk membangun sarana prasarananya,"ujarnya.

Dijelaskan Farida, saat survey di Desa Tanjung Menang sebanyak 45 warga. Dari jumlah itu, 35 orang tergerak menggunakan jamban layak, namun mereka mengharapkan pemerintah mengdakan sarana jamban.

Dengan telah terpasangnya sanitasi di pemukiman penduduk, lanjut Farida, tidak ada lagi warga yang BAB sembarangan. Dengan demikian, mereka terhindar dari berbagai bibit penyakit. 

“Petugas akan terus melakukan monitoring perubahan perilaku masyarakat untuk sanitasi agar mereka mengadopsi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” katanya.


Post Date : 17 Juni 2014