Buku Saku Verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM)

Pengarang:Direktorat Penyehatan Lingkungan Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI
Penerbit:Jakarta : Direktorat Penyehatan Lingkungan Ditjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, 2013
Halaman:ii,15 hal ; 15 cm
No. Klasifikasi:363.72 Dir b
Kata Kunci:Verifikasi STBM, Visi STBM, Status Desa STBM, CTPS, Sampah, Limbah Cair
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Buku

Sebuah desa/kelurahan dapat mendeklarasikan dirinya sebagai desa/kelurahan  sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) apabila masyarakatnya sudah menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) secara berkesinambungan sesuai dengan visi STBM.  Untuk itu diperlukan berbagai tahapan yang harus dilalui. seperti dilaksanakannya pemicuan terhadap masyarakat dan proses verifikasi yang dilakukan oleh sebuah tim beranggotakan 3-5 orang yang ditunjuk dan ditetapkan oleh pemerintah Daerah.

Proses verifikasi sendiri merupakan serangkaian kegiatan penilaian yang dilakukan oleh tim verifikasi terhadap pernyataan sebuah desa/kelurahan bahwa di masyarakatnya telah terjadi perubahan perilaku dari perilaku tidak sehat menjadi perilaku hidup bersih dan sehat.

Agar  proses pelaksanaan desa STBM berjalan lancar maka diterbitkan buku yang memuat berbagai penjelasan mekanisme verifikasi dan ketentuan lainnya yang diperlukan dalam proses verifikasi desa/kelurahan STBM maupun desa/kelurahan SBS. Buku ini menjadi pegangan bagi  petugas kesehatan, sanitarian, para kader dan semua pihak di masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan proses verifikasi serta kegiatan pemantauan paska deklarasi sebagai upaya kesinambungan kondisi STBM maupun SBS.



Post Date : 12 Mei 2014