Papua - Tiga Distrik Hasilkan Seribu Ton Sampah Perhari

Sumber:antaranews.com - 11 September 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Tiga Distrik/Kecamatan di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menghasilkan seribu ton sampah per hari.

"Distrik Sentani, Distrik Sentani Timur, dan Distrik Waibu, kalau kita hitung-hitung per harinya sekitar 1.000 ton sampah yang dihasilkan di tiga kawasan itu," kata Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Permakaman Kabupaten Jayapura Sakarudin di Sentani, Kamis.

Menurut dia, itu baru di tiga distrik, belum distrik lainnya di Sentani. "Masih banyak tempat yang sampahnya belum dilayani dengan baik," ujarnya.

Wilayah yang belum terlayani dengan baik rata-rata didaerah pemukiman-pemukiman perumahan. Kedepan diharapkan agar di jalur protokol (jalan utama) tidak ada lagi tong sampah.

Dinas Kebersihan Pertamanan dan Permakaman Kabupaten Jayapura akan menaruh Tempat Pemungut Sampah (TPS) dimasing-masing lorong. Sehingga warga tidak lagi membuang sampah dijalan protokol atau jalan utama.

"Ini harapan kami sehingga warga tidak lagi membuang sampah dijalan umum. Sampah langsung dibuang di TPS yang sudah disiapkan," ujarnya.

Dia mengatakan, sudah ada Peraturan Daerah (Perda) terkait pembuangan sampah namun tinggal dilanjutkan dengan peraturan bupati. "Peraturan bupati dikeluarkan untuk memberi penjelasan teknis terkait perda tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat, peraturan daerah itu disosialisasikan. "Kami akan sosialisasikan perda tentang sampah dan retribusi sampah dalam waktu dekat," ujarnya.


Post Date : 12 September 2014