40 Persen Jalan Tidak Miliki Drainase

Sumber:Indopos.co.id - 17 Maret 2013
Kategori:Drainase
Sekitar 30 sampai 40 persen dari 255,272 Kilometer (Km) jalan yang ada di wilayah Kota Tangerang, belum dilengkapi drainase. Akibatnya, saat hujan turun genangan air terlihat di sejumlah ruas jalan.

Wakil Walikota Tangerang Arief R Wismanyah menyatakan, jika dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya genangan air sudah mulai berkurang. Pemkot Tangerang melalui Dinas PU Kota Tangerang sudah melakukan upaya untuk perbaikan sistem drainase. "Contohnya untuk di Jalan M Yamin, kami sudah melakukan pelebaran gorong-gorong, sehingga genangan yang terjadi saat ini tidak separah tahun-tahun sebelumnya," kata Arief kepada INDOPOS, Sabtu (16/3).

Arief juga mengatakan, saat ini Dinas PU Kota Tangerang, sudah membuat bule print sistem drainase yang dibagi per wilayah kecamatan. Selain itu dirinya juga sudah memerintahkan agar pembuatan sumur resapan diperbanyak sehingga bisa meminimalisir banjir.

 

"Masalah banjir ini juga bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun harus juga didukung oleh kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya agar tidak membuat sampah di sembarang tempat ,"ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Drainase dan Pengendalian Air Limbah Dinas PU Kota Tangerang, Dida Rustiana mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan survei kondisi jalan dan drainase di seluruh wilayah Kota Tangerang.

Dari hasil survei tersebut contohnya diketahui di Jalan Hasyim Ashari dari total panjang jalan sekitar 8 kilom4ter, 1,5 kilometer diantaranya masih belum ada drainasenya. "Yah kalo dilihat dari jumlah panjang jalan di Kota Tangerang, memang 30-40 persennya belum ada drainasenya," kata Dida Rustiana.

 Dida mengatakan, pihaknya sedang menyusun masterplan drainase Kota Tangerang. Sehingga nantinya bisa terintegrasi dan tidak terputus dan bermuara pada sungai-sungai besar yang melintasi Kota Tangerang seperti Cisadane, Cirarab, Kali Angke, Kali Prancis, dan Kali Sabi.

"Saat ini tengah dilakukan pembuatan masterplan untuk 7 kecamatan di antaranya Jatiuwung, Cibodas, Ciledug, Periuk dan Larangan dan Karang Tengah. Untuk pemeliharaan, secara rutin melakukan pengerukan dan normalisasi drainase-drainase di sejumlah lokasi rawan banjir di Kota Tangerang, “kata Dida.

Post Date : 18 Maret 2013