40 Persen Air Bersih Di Jakarta

Sumber:aktual.co - 11 November 2014
Kategori:Air Minum
Sekitar 40 persen air bersih yang disalurkan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) DKI Jakarta hilang akibat pencurian.

"Secara umum, penyaluran air bersih oleh perusahaan hilang 40 persen, akibat pencurian," kata Direktur Utama PAM Jaya Sriwidayanto Kaderi saat ditemui di Balai Kota di Jakarta, Selasa (11/11).

Ia menambahkan 60 persen sisanya juga belum dapat didistribusikan seluruhnya karena usia pipa yang sudah tua menyebabkan pipa di beberapa lokasi mengalami kebocoran.
"Sisanya 60 persen. Tapi dari 60 persen itu tidak mungkin mengalirkan air yang melalui pipa tidak ada kebocoran," katanya.

Ia mengatakan daerah yang rawan pencurian air bersih di antaranya Pluit, Muara Baru, Marunda, Kali Jodo, dan di daerah jalur hijau.

Dalam upaya mengurangi pencurian tersebut pihaknya akan memasang master meter di area yang dianggap ilegal dan pengelolaannya akan diserahkan kepada warga.

"Warga harus mendapatkan air, karena di satu sisi ini hak asasi tapi di sisi lain ini adalah wilayah ilegal. Makanya akan kami pasang master meter dan untuk urusan distribusi di dalam itu nanti urusan warga," imbuhnya.

Saat dikonfirmasi tindakan apa yang dilakukan terhadap oknum yang terbukti melakukan pencurian, ia mengatakan pihaknya akan melakukan tindakan yang tegas sehingga nantinya tidak ada lagi yang melakukan kejahatan tersebut.

"Sekarang pencurian bisa dituntut berdasar Peraturan Daerah (Perda)," ucapnya.
Namun menurutnya hukuman itu terlalu ringan sehingga efek yang ditimbulkan kurang signifikan. Ia menambahkan untuk memberikan efek jera terhadap pelaku pencurian pihaknya tengah mengkaji aturan yang ada dipadukan dengan peraturan yang lain.

"Mudah-mudahan nanti bisa disinergikan dengan Undang-undang Lingkungan Hidup atau yang lain dan ini yang sedang kita pelajari," katanya.


Post Date : 12 November 2014