Jakpro Gelontorkan Rp200 Miliar untuk Air Bersih

Sumber:inilah.com - 27 Maret 2014
Kategori:Air Minum

"Pembangunan tiga IPA untuk menambah kapasitas air baku di Jakarta. Untuk pembangunan tiga IPA kita harus mengalokasikan investasi sebesar Rp200 miliar," kata Budi.

Dari investasi tersebut, alokasi biaya yang paling mahal adalah pembangunan IPA di Pantai Mutiara, Jakarta Utara, yang menggunakan teknologi penyulingan air laut menjadi air tawar atau Reverse Osmosis (RO).

"Sebenarnya biaya yang paling mahal itu adalah mengolah air laut di Pantai Mutiara menjadi air tawar. Menjadi air bersih yang layak minum bagi warga sekitar," ujarnya.

Biaya yang besar juga dikeluarkan untuk membangun IPA di kawasan Kanal Banjir Barat (KBB). Karena kualitas air sungai di KBB mengandung logam berat yang cukup tinggi.

"Kita harus hilangkan logam beratnya. Jadi kita harus nunggu pagi untuk olah air KBB. Tapi pagi pun masih spekulatif, karena bisa saja limbah industri dibuang pada subuh," akunya.

Diakuinya, pihaknya sudah berkonsultasi kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jaya. Bahkan dua inisiasi, yaitu pembangunan IPA Buaran dan KBB merupakan usulan dari PDAM Jaya. Sedangkan IPA RO di Pantai Mutiara merupakan hasil studi kajian PT Jakpro.


Post Date : 27 Maret 2014