Kesadaran Pentingnya Sanitasi Dinilai Masih Rendah

Sumber:inilahkoran.com - 2 November 2014
Kategori:Sanitasi

Perilaku masyarakat Cimahi akan kepedulian kesehatan lingkungan dinilai masih kurang. Di antara bentuk kepedulian masyarakat adalah dengan meningkatkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi Pratiwi mengatakan, pihaknya sejak awal sudah serius menggarap sanitasi. Ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan peringkat 1 Sanipura Award dalam penilaian oleh Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI), dengan kategori kota yang telah meningkatkan layanan sanitasi dan pendanaan Kota Cimahi.

Bahkan agar bisa meningkatkan layanan sanitasi, Pemkot sudah mencantumkan program sanitasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2012-2017.

Namun, dia mengakui keseriusan pemerintah dalam membangun sanitasi harus pula diimbangi juga dengan kesadaran masyarakat akan STBM. Gerakan ini, kata dia, merupakan perilaku sehat masyarakat dalam penciptaan lingkungan yang kondusif, sehat, dan berbasis peningkatan kesadaran masyarakat.
"Sebagian masyakarakat masih abai dalam urusan STBM ini. Padahal, kesehatan lingkungan dan perilaku hidup sehat turut menentukan kualitas kesehatan," katanya, Minggu (2/11/2014).
Menurutnya, kunci pembangunan sanitasi adalah sosial budaya dan perilaku masyarakat. Buruknya kondisi sanitasi bisa menjadi penyebab penyakit bermunculan dan menurunnya kualitas kesehatan lingkungan. Maka, diperlukan gerakan sadar sanitasi yang total di tengah masyarakat.
"Jadi STBM itu berfokus pada perubahan perilaku masyrakat, langsung mengakar pada perilaku pribadi dan rumah tangga. Fokus STMB bukan pembangunan sarana fisik semata," ujarnya.
Dia menjelaskan, STBM merupakan kesadaran bersama anggota masyarakat untuk tidak buang air besar (BAB) sembarangan. Seperti menyiapkan septictank yang layak dan sehat dan tidak dekat dengan sumber air.

Lalu, mencuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah dengan benar, dan mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.

Dengan pamahaman dasar yang mengakar, diharapkan kesehatan sanitasi rumah tangga bisa terwujud. Setiap rumah tangga, katanya, bisa memiliki sarana buang air besar yang memadai, punya sarana pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga yang lebih baik, dan bisa menyebarkan kesadaran sanitasi ini kepada tetangga dan lingkungan sekitarnya.



Post Date : 03 November 2014