Sistem Pengelolaan TPA Terbaik di Indonesia Bagian Timur

Kategori:Sampah Luar Jakarta


KOTA Balikpapan yang merupakan satu dari tiga kota kandidat peraih penghargaan Adipura Kencana tahun 2013, diyakini memiliki poin lebih dalam penilaian khususnya di sektor TPA. Pasalnya, sistem pengelohan sampah di TPA yang terletak di Manggar, Balikpapan Timur ini, sudah mengunakan metode sanitary landfill

“TPA Balikpapan telah menerapkan sistem sanitary landfill sejak dibuka pada 2002 lalu. Walau masih tradisional tapi sistem ini menjadi percontohan pengelolaan sampah tingkat nasional,” ungkap Fery, pengawas lapangan TPA Manggar.

Dengan sistem tersebut, TPA Balikpapan mendapatkan predikat TPA terbaik oleh Kementerian Lingkugan Hidup untuk Indonesia bagian timur. Padahal awalnya Balikpapan melakukan studi pengeloalaan sampah ke kota Malang, yang notabennya sebagai salah satu saingan dalam perebutan penghargaan Adipura Kencana tahun ini.

Dijelaskan Fery, sistem sanitary landfill ini dilakukan dengan cara menimbun sampah dengan tanah agar membusuk, namun sebelumnya tumpukan sampah dilapisi  biomembrane yang berguna untuk menahan air limbah sampah (leachate) sehingga tidak mencemari tanah sekitar. Kemudian air yang tertampung di biomembranedialirkan menuju bak penampungan air limbah melalui pipa-pipa resapan air yang telah terpasang pada setiap bagian biomembrane. Air limbah yang ditampung kemudian diteruskan ke instalasi pengolahan air limbah untuk "dinetralkan" sehingga tidak membahayakan.

Sistem sanitary landfill ini berguna untuk mengurangi bau dari sampah yang mengalami pembusukan di dalam tanah. Teknik ini juga menghambat terbuangnya gas metana ke udara yang menjadi sumber bau dari sampah yang membusuk tersebut.

“Faktor yang mempengaruhi kinerja dalam sistem ini adalah cuaca yang tidak menentu, jika hujan kami tidak dapat bekerja, karena kondisi medan yang becek, sehingga berbahaya untuk bekerja dengan alat berat. Ke depannya kami akan membuat jalan permanen agar dapat bekerja di segala cuaca,” ujar Fery.

Sistem ini pun terbukti saat Kaltim Post mengunjungi lokasi TPA Manggar, di mana tidak ada bau yang menyengat. Selain sistem pengolahan yang baik, lokasi TPA juga sangat baik karena berada di daerah perbukitan yang masih memiliki kepadatan pepohonan yang dapat menjadi pagar alami dalam pencemaran bau di udara.

Sumber Foto : kaltimpos.co.id



Post Date : 29 Mei 2013