Siapkan Rp 380 Triliun, PU Targetkan Layanan Sanitasi 100 Persen

Sumber:tribunnews.com - 14 April 2014
Kategori:Sanitasi

Pelayanan sanitasi kepada masyarakat ditargetkan terpenuhi 100 persen pada 2019 dengan kebutuhan dana sebesar Rp 380 triliun.

Untuk mencapai target tersebut harus dipersiapkan perencanaannya, salah satunya melalui Program Percepatan Pembangunan Sanitasi (PPSP) dan Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK).
 
Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) Ditjen Cipta Karya, Djoko Mursito menjelaskan setiap kabupaten/kota harus menyusun SSK, dari 520 kabupaten/kota, yang sudah punya SSK baru 349 kabupaten/kota.

"Dengan adanya SSK, mereka sudah mengetahui kebutuhannya masing-masing, sehingga harus mencari sendiri alokasi dananya, ”ujar Djoko, Senin (14/4/2014).
 
Djoko menyebut saat ini baru ada 224 kabupaten/kota yang sudah mendeklarasikan peduli sanitasi dan akan mengalokasikan dananya sebesar 2 persen.

Dia menginformasikan saat ini pelayanan sanitasi baru mencapai 58 persen. Sedangkan tahun 2015 target rumah tangga dengan akses sanitasi layak dan berkelanjutan menjadi 62,41 persen.
 
Ada tahapan-tahapan untuk mempercepat pencapaian target sanitasi, yaitu pengolahan air limbah secara perpipaan terpusat (off-site), pengolahan air limbah untuk satu kawasan lingkungan permukiman (komunal), dan adanya sistem penyedotan secara berkala (on-site). Dengan begitu, diharapkan tidak ada lagi sungai atau kali yang tercemar.
 
Disamping kegiatan pengelolaan sanitasi, Djoko juga menyinggung tentang The National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

Selain pembuatan tanggul, program itu juga meliputi reklamasi pantai, pengembangan pelabuhan, pengerukan sungai, dan pembuatan waduk.

Program NCICD merupakan upaya yang terintegrasi di berbagai bidang dalam rangka menangani permasalahan banjir Jakarta.

 



Post Date : 15 April 2014