Indonesia Jalin Pengolahan Air dengan Hungaria

Sumber:tempo.co - 8 Juli 2014
Kategori:Air Minum

Kementerian Perindustrian tawarkan kerjasama dengan pengusaha Hungaria untuk pengolahan air bersih. Tawaran ini diajukan karena Hungaria terkenal dengan industri pengolahan airnya. Industri pengolahan air di Hungaria bahkan untuk memasok kebutuhan air di berbagai negara-negara Uni Eropa.


"Kita menawarkan itu, karena Indonesia masih sangat terbelakang dalam industri pengolahan air. Untuk mendapatkan air bersih kita lebih banyak mengandalkan air tanah. Padahal itu merusak lingkungan," kata Direktur Jenderal Kerjasama Internasional Kementerian Perindustrian Agus Tjahajana usai menemui rombongan dari Kadin Hungaria.

Potensi perdagangan Indonesia dengan Hungaria masih belum dimaksimalkan. Setelah mengalami peningkatan signifikan pada 2011 dimana perdagangan mencapai US$ 438 miliar kemudian tahun 2013 mengalami penurunan dan hanya mencapai USD 200 miliar. Saat itu Indonesia mengalami defisit mencapai US$ 19 miliar.

Investasi langsung ungaria ke Indonesia masih belum dimaksimalkan, investasi terakhir tercatat pada tahun 2010 dan mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai US$ 260 ribu dengan tujuan investasi di bidang perdagangan dan perhotelan.


Post Date : 08 Juli 2014