Jokowi: Kerja Sama soal Banjir dengan Bogor Sudah Siap

Sumber:KOMPAS.com - 8 Mei 2014
Kategori:Banjir di Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan dia belum mengetahui apakah penangkapan Bupati Bogor Rachmat Yasin bakal berdampak negatif terhadap kerja sama Pemprov DKI dengan Pemkab Bogor soal penanggulangan banjir.

Meskipun demikian Jokowi segala syarat kerja sama sudah siap, bahkan anggaran pun tinggal digelontorkan. "Uang di APBD siap, pembebasan tanah sudah siap, tapi untuk ini (kasus penangkapan Yasin) saya belum mengerti, kan baru kemarin juga," jelas Jokowi di Balaikota, Kamis (8/5/2014) siang.

Jokowi menambahkan, dari tim pembebasan lahan yang dibentuk Pemprov DKI Jakarta, prosesnya sudah hampir rampung dan tim tersebut akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Pemprov DKI dan Pemkab Bogor bekerja sama dalam soal pembangunan waduk Ciawi. Jokowi telah meninjau lokasi waduk tersebut, beberapa waktu lalu. Gunanya untuk membebaskan DKI Jakarta dari banjir tahunan.

Seperti diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar operasi tangkap tangan pada Rabu malam dan menangkap Bupati Bogor Rachmat Yasin di rumahnya. Penyidik KPK juga menangkap Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor Muhammad Zairin dan Franciskus Xaverius Yohan dari pihak swasta.

Dugaan sementara, ketiga orang itu terlibat transaksi serah terima uang berkaitan dengan kepengurusan izin rancangan umum tata ruang (RUTR) Bogor, Puncak, dan Cianjur (Bopunjur).

Bersamaan dengan penangkapan mereka, KPK juga menyita uang tunai miliaran rupiah dari sebuah kantor di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, yang berdekatan dengan lokasi penangkapan Zairin dan Yohan.


Post Date : 09 Mei 2014