Cimahi Dapat Hibah Rp20 Miliar Untuk Sanitasi

Sumber:bisnis.com - 30 Sept 2014
Kategori:Sanitasi
Untuk membangun 5.000 sambungan sanitasi, Pemkot Cimahi mendapatkan bantuan dana hibah dari Australia sebesar Rp20 miliar. Program dalam rangka menciptakan sistem pembuangan air limbah rumah tangga ditargetkan tuntas pada akhir 2015 mendatang.

Kabid Air Bersih dan Limbah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Cimahi Djani Ahmad Nurjani mengatakan, saat ini progres pembangunan proyek tersebut baru mencapai 64% dan pihaknya optimistis pada 2015 mendatang program tersebut akan segera tuntas.

"Karena targetnya pada 2019 secara nasional harus sudah tuntas. Untuk itu, kami butuh peningkatan kesadaran akan pentingnya sanitasi yang septic," katanya, kepada wartawan di Cimahi, Selasa (30/9/2014).

Menurut dia, mekanisme pencairan dana hibah tersebut berbasis hasil. Artinya, ketika program sanitasi itu tuntas. Maka, akan diverifikasi. Apabila dianggap sesuai dengan yang dipersyaratkan, Kementerian PU akan merekomendasi permohonan pencairan ke Kementerian Keuangan untuk selanjutnya dana masuk ke kas daerah.

Salah satu syarat daerah penerima bantuan hibah itu diantaranya setidaknya mampu membangun 9.000 sambungan rumah dan memiliki institusi pengolah air limbah.

Program Officer Water and Sanitation Ausaid Nur Fadrina Mourbas menambahkan, di Indonesia terdapat 43 kabupaten/kota penerima hibah dari negeri Kangguru tersebut dan salah satunya adalah Cimahi.

Tujuan dari bantuan tersebut adalah untuk meningkatkan investasi pemda di sektor air minum dan sanitasi dan meningkatkan perhatian pemda secara langsung dan paham akan persoalan sanitasi di masyarakat.

"Sesuai dengan target MDGs, pada 2019 persoalan sanitasi di Indonesia harus tuntas," ujarnya.

Diakuinya, persoalan berat yang dialami dalam merealisasikan program tersebut diantarnaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sanitasi.

"Drainase dan sampah seringkali mudah dirasakan dan terlihat. Tapi, ketika berbicara air limbah kerap dilupakan. Contohnya, tanki septic yang benar tidak mencemari tanah karena akan berpengaruh pada kesehatan," paparnya.



Post Date : 01 Oktober 2014