Sutias Kampanyekan Indonesia Bersih Dalam Jambore Sanitasi 2013

Sumber:dnaberita.com - 8 April 2013
Kategori:Sanitasi
Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Sumatera Utara Hj.Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho mendukung Penuh Kegiatan Jambore Sanitasi 2013. Jambore yang diselenggarakan Kementerian Pekerjaan Umum dan beberapa kementerian lainnya itu dinilainya sangat strategis untuk mengkampanyekan Gerakan Indonesia Bersih Sehat Ramah Lingkungan Rapi dan Indah (BerSeRRI) yang digagas oleh Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB).

"Masa Kanak kanak memang masa yang paling tepat untuk menanamkan nilai kebaikan terutama kebersihan dan kesehatan" , demikian dikatakannya ketika memberikan arahan pada pembukaan Lomba Karya Tulis dan Foster Jambore Sanitasi 2013 tingkat SLTP se Sumut di Gedung Jabal Nur Asrama Haji Medan.

Hadir Istri Mentri Pertanian Mike Suswono, Istri Wakil Mentri Pekerjaan Umum Titi Hermanto Dap Dap, Kadis Tarukim Propsu Ir. Edi Syahputra Salim, M.Si, Ketua Darma Wanita Persatuan Ny.Doharni Nurdin Lubis, Kepala Sekolah, Guru Pendamping dan ratusan siswa SLTP peserta lomba lainnya.

Sutias mengatakan bahwa budaya bersih memang sejalan dengan ajaran Nabi Muhammad Rasulullah SAW dalam haditsnya "Kebersihan itu sebagian dari iman". Lebih jauh Sutias mengatakan bahwa budaya bersih perlu dibangun sedari kecil agar bersih itu membudaya. Sutias kemudian berharap dari jambore kali ini Sumatera Utara akan berhasil memgirimkan dutanya ke tingkat pusat dan menjadi Duta Kebersihan Nasional. Tim Penggerak PKK sejauh ini juga sudah menggalakkan gerakan bersih yaitu program " Hatinya PKK" dan semoga dengan Jambore kali ini akan semakin menambah semangat untuk lebih giat lagi melaksanakannya katanya.

Sementara itu Ny.Mike Suswono dalam arahannya menghimbau semua pihak untuk mendukung program tersebut. Menurutnya masalah kebersihan itu bukan hanya masalah pemerintah semata tapi juga masalah kita bersama. Sampah dan limbah yang banyak menggenangi selokan dan sungai itu bersumber dari warga yang belum sadar kebersihan. Untuk itu Mike mengajak seluruh masyarakat untuk memulai memilah sampah dari sumber aslinya yaitu masyarakat itu sendiri. Sampah yang sudah dipilah akan mmemudahkan petugas untuk mengelolanya semisal sampah organik dapat dijadikan kompos dan non organik dapat didaur ulang kembali.

Sampah itu sejatinya punya nilai ekonomis hanya kalau masyarakat jeli melihatnya. Sekarang sedang digalakkan Bank Sampah dan saya berharap di Sumatera Utara juga serius melakukannya katanya yang sontak diamini seluruh hadirin.

Usai pembukaan acara dilanjutkan mengunjungi sekolah yang dipilih sebagai penggerak siswa dalam mengkampanyelan kebersihan dengan meresmikan pemancangan slogan kebersihan.

Dimulai dari SDN 060930 jl.Karya Jaya No.52 kemudian SMP 28 JL.Karya Bersama No.17, Perguruan Yayasan Pesantren Sosial dan SMP Islam Ulun Huda JL.Eka Jaya Medan Johor Medan.

Disetiap sekolah yang dikunjungi Ibu Mentri dan rombongan berikan arahan kepada guru dan murid tentang pentingnya kebersihan. Kebersihan itu dimulai dari diri sendiri dan dimulai dari sekarang juga, katanya.

Merasa senang sekolahnya terpilih jadi sekolah bersih dan dikunjungi Ibu Mentri dan Ibu Gubernur seluruh guru dan murid meminta berfoto bersama sebagai wujud bangga mereka.

Post Date : 08 April 2013