Tahun 2019 Cakupan Pelayanan Air Minum Nasional Capai 100%

Sumber:indonesiainfrastructurenews.com - 20 April 2014
Kategori:Air Minum

Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air (BPPSPAM) merencanakan cakupan air minum nasional pada 2019 mencapai 100 persen. Karena itu, BPPSPAM terus berupaya mendorong peningkatan kinerja pelayanan penyelenggaraan SPAM, memberikan masukan dalam penyusunan kebijakan dan strategi; serta mengembangkan sistem pembiayaan dan pola investasi pengembangan SPAM.

“Cakupan air pada 2013 mencapai 67,73% dari 2015 Target MDGs yang sebesar 68,87%. Direncanakan pada tahun 2019 cakupan air mencapai 100%. Untuk memenuhi cakupan air sebesar 100% pada tahun 2019 diperkirakan membutuhkan dana sebesar Rp 270 triliun,” tutur Kepala BPPSPAM Tamin M. Zakaria, seperti dikutip dari laman Kementerian Pekerjaan Umum, Kamis (17/4).

Alokasi dana tersebut, kata Tamin, berasal dari pemerintah pusat sebesar Rp 90 triliun dan sisanya Rp 180 triliun berasal dari Pemda, PDAM, Kredit Perbankan atau PPP.

Tamin menambahkan, dari hasil audit 350 PDAM, pada tahun 2013 terdapat 176 PDAM dalam keadaan sehat, 104 PDAM dalam keadaan kurang sehat dan 70 PDAM dalam keadaan sakit.

Selanjutnya, untuk meningkatkan kinerja PDAM, ada beberapa hal penting yang mempengaruhi keberhasilan PDAM dalam mengelola SPAM, yaitu dukungan dari Pemimpin Lokal (Walikota, Bupati, Gubernur), adanya Inovasi lokal, Pemahaman teoritis pertumbuhan dan pengembangan perusahaan, hubungan baik antara PDAM dan pelanggan mereka.

Selain itu juga, perbaikan sistem penagihan, penggantian yang teratur meter air pelanggan, reklasifikasi pelanggan dan Capacity Building dari Kementerian PU melalui BPPSPAM.

Tamin menambahkan bahwa saat ini tengah direncanakan pembangunan PDAM Tirta Kencana Raharja di Cisauk, Tangerang. PDAM berkapasitas 500l/dtk dengan sumber air baku berasal dari Sungai Cisadane.

Adapun sumber dana berasal dari internal PDAM. Daerah pelayanan nantinya mencakup daerah di belakang Lippo, daerah Cisauk, daerah Cijeruk dan daerah Curug. Pembangunan saat ini masih terkendala lahan. Untuk itu PDAM saat ini sedang berupaya mendapatkan lahan lokasi IPA.



Post Date : 21 April 2014