Wujudkan Lingkungan Sehat Melalui Pengelolaan Sampah

Sumber:korankaltim.com - 20 Agustus 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Anggota DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Sudirman mendukung terbentuknya Peraturan Daerah (Perda) Pengelolaan Sampah Rumah dan Sejenis Sampah Rumah Tangga. Dengan lahirnya produk hukum tersebut, maka pengelolaan sampah di Kukar mampu di kelola dengan baik dan mampu menciptakan lingkungan yang sehat.
Perda tentang Pengelolaan Sampah Rumah dan Sejenis Sampah Rumah Tangga tersebut adalah merupakan satu dari empat rencana peraturan daerah (raperda) yang disahkan oleh DPRD pada Rabu (6/8) lalu.
“Saya berterimakasih sekali terhadap kawan-kawan anggota yang bekerjasama untuk Perda Pengelolaan Sampah Rumah dan Sejenis Sampah Rumah Tangga.Ini sangat bagus bagi Kukar mengi-ngat untuk menjadikan lingkungan yang sehat kita harus mengelola sampah dengan baik,” kata Sudirman kepada Koran Kaltim, belum lama ini.
Salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup yang sampai saat ini masih tetap menjadi masalah besar adalah pembuangan sampah. Sampah-sampah itu diangkut oleh truk-truk khusus dan dibuang atau ditumpuk begitu saja di tempat yang sudah disediakan tanpa dikelola. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekitar di mana lingku-ngan menjadi kotor dan sampah yang membusuk akan menjadi bibit penyakit dikemudian hari.
Walaupun terbukti sampah itu dapat merugikan bila tidak dikelola dengan baik, tetapi ada sisi manfaatnya. Hal ini karena selain dapat mendatangkan bencana bagi masyarakat, sampah juga dapat diubah menjadi barang yang bermanfaat. Kemanfaatan sampah ini tidak terlepas dari penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menanganinya dan juga kesadaran dari masyarakat untuk mengelolanya.
“Dengan disahkannya perda terkait pengelolaan sampah ini, ke depan Kukar dipastikan akan lebih pro aktif mengelola sampah, sehingga sampah bisa dikelola untuk kehidupan di Kukar yang lebih baik seperti slogan kita selama ini “Kukar Sehat”. Bisa saja ke depan Kukar menjadikan sampah menjadi energi alternatif yang sangat berguna bagi warga Kukar,” pungkas Sudirman.


Post Date : 21 Agustus 2014