Sanitasi 20 Persen Masyarakat Bangka Tengah Buruk

Sumber:antarababel.com - 12 November 2014
Kategori:Air Limbah
Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung mencatat 20 persen masyarakat daerah itu memiliki sanitasi buruk karena masih terbiasa buang air besar sembarangan.

"Kami terus menyosialisasikan kepada masyarakat untuk memperhatikan sanitasi yang baik," kata Kepala Dinas Kesehatan Bateng Bahrun Siregar Sutrisno di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, masih ada rumah warga di perkampungan yang tidak memiliki toilet dan membuang air di sembarang tempat.

"Ada juga masyarakat yang sudah punya toilet namun masih saja buang air sembarangan karena sudah menjadi kebiasaan," ujarnya.

Justru itu pihaknya terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan dengan cara tidak buang air besar sembarangan.

"Sanitasi yang buruk akan berdampak terhadap kesehatan, juga berimbas kepada tingkat layak hidup masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, ada beberapa faktor lemahnya kesadaran masyarakat untuk memperhatikan kesehatan di antaranya dipengaruhi pola pikir dan pendidikan.

"Selama ini masyarakat sudah terbiasa tidak memiliki toilet di rumahnya dan buang air besar sembarang tempat sehingga berpengaruh terhadap kesehatan," ujarnya.

Pola pikir dan kebiasaan masyarakat seperti itu kata dia mesti diubah dengan terus menyosialisasikan tentang pentingnya sanitasi yang baik sebagai pilar penting dalam menciptakan kehidupan yang bersih dan sehat.

"Memang tidak mudah mengubah kebiasaan masyarakat, namun kami yakin bisa dan target kami semua rumah warga di Bangka Tengah sudah memiliki toilet," ujarnya. 


Post Date : 13 November 2014