Pontianak-Boras Resmikan Program Kota Bersih Dan Hijau

Sumber:kalimantan-news.com - 3 Maret 2014
Kategori:Sanitasi

Pemerintah kota Pontianak bekerjasama dengan Pemerintah Kota Boras, Swedia, meresmikan program Kota Khatulistiwa Hijau dan Bersih ("Clean and Green Equator City") yang merupakan realisasi dari kesepakatan tahun 2012.

 

"Hal ini merupakan tindaklanjut dari penendatangan Letter of Intent (LoI) pada Oktober 2012. Dan sudah kita realisasikan melalui launching kegiatan hari ini," kata Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono di monumen Tugu Khatulistiwa, Senin.

 

Dia menjelaskan, bentuk kerja sama tersebut akan direalisasikan dalam hal pengolahan sampah dan air bersih.

 

Edi menjelaskan, Pontianak merupakan salah satu daerah yang memiliki peran penting dalam menciptakan ruang hijau bagi masyatakat, mengingat Kalbar merupakan salah satu patu-paru dunia yang menuntut setiap pemerintah daerah untuk bisa menggiatkan penghijauan.

"Melalui program ini kita harapkan bisa lebih meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih memperhatikan lingkungan," tuturnya.

 

Dalam kesempatan itu juga, Edi menjelaskan kepada rombongan dari Swedia tentang keberadaan tugu Khatulistiwa yang berada Kota Pontianak menjadi satu-satunya kota yang dilintasi garis khatulistiwa di antara negara-negara lainnya "Setiap dua kali dalam setahun kita melaksanakan peringatan titik kulminasi matahari yang merupakan fenomena alam ketika matahari tepat berada di garis khatulistiwa atau nol derajat. Pada saat itu, posisi matahari akan tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan Bumi"kata Edi.

 

Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan Tugu akan menghilang beberapa detik saat diterpa sinar matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain di sekitar tugu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pontianak, Ismail menuturkan selain kunjungan ke lapangan langsung, dalam peresmian kegiatan itu juga sekaligus akan dilalukan penanaman 4.000 pohon.

 

"Penanaman pohon secara simbolis dan akan dilanjutkan menanam pohon diseluruh Kota Pontianak. 3.000 pohon eucalyptus deglupta dan 1.000 pohon pongamia pinnata," tuturnya.



Post Date : 04 Maret 2014