Siaga Darurat Air Bersih Maksimal Seminggu Sebelum Stop Produksi

Sumber:tribunnews.com - 5 November 2014
Kategori:Air Minum

Siaga darurat air bersih mengancam warga Kota Balikpapan jika sampai dengan akhir bulan November ini hujan dengan intensitas besar tidak juga turun di sekitar Waduk Manggar.

Berdasarkan hasil simulasi dan perkiraaan, air di waduk Manggar diperkirakan hanya bisa berproduksi sampai tanggal 7 Desember.

Kabag Pemerintahan Kota Balikpapan, Zulkifli, Rabu (5/11), mengatakan Pemerintah Kota akan menunggu usulan yang diajukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) kapan saatnya satsus siaga darurat air bersih ini diberlakukan, nantinya pemberlakukan resmi status ini tergantung keputusan dari Walikota.

Namun tentu saja sebelum BPBD mengusulkan, ada berapa kajian teknis yang harus menjadi landasannya.

"Secara teknis siaga darurat itu harus melaui petimbangan teknis nanti prosedurnya BPBD yang akan mengusulkan ke Walikota," katanya.

Meski demikian Zulkfli juga mengatakan ketika kondisi Waduk Manggar sama sekali tak mengalami peningkatan level, maka paling tidak usulan untuk memberlakukan siaga daruat sudah bisa disampikan seminggu sebelum tanggal 7 Desember ketika PDAM menyetop produksinya.



Post Date : 06 November 2014