Ada 270 Ribu Sampah Plastik di Lautan

Sumber:cnnindonesia.com - 11 Desember 2014
Kategori:Sampah Luar Jakarta

Sebuah studi termutakhir menemukan bahwa sekitar 270 ribu ton sampah plastik mengambang di lautan. Jumlah ini cukup untuk memenuhi lebih dari 38.500 truk sampah.
Dalam studi yang dipublikasi di jurnal ilmiah PLOS ONE, dijabarkan bahwa sampah plastik itu terdiri lebih dari 5 triliun bagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dampak sampah sintetik terhadap biota laut.
Studi ini dipimpin oleh peneliti Markus Eriksen dari 5 Gyres Institute, organisasi yang bertujuan mengurangi jumlah plastik di lautan.
Dalam mengumpulkan data ini, para peneliti menggunakan jaring besar yang ditarik di permukaan laut untuk menangkap partikel plastik. Lantas peneliti di kapal menghitung jumlah plastik besar, dan mengalkulasi perhitungannya dengan komputer.
Studi ini hanya menghitung plastik yang mengambang di permukaan air, tidak termasuk yang berada di dasar laut.
Dari pengumpulan sampah plastik ini lalu dihitung perkiraan sampah yang berada di seluruh lautan. Potongan plastik sebesar 20 centimeter mewakili sepertiga jumlah plastik yang diperkirakan peneliti ada di seluruh laut.
Kara Lavender dari Law of the Sea Education Association di Massachusetts, Amerika Serikat, mengatakan penelitian ini berguna untuk memahami dampak sampah plastik terhadap lingkungan dan rantai makanan.
Contohnya, kata Law, ikan tuna yang kita makan bisa saja sebelumnya memakan ikan yang mengonsumsi plastik. Plastik ini kemungkinan mengandung bahan kimia berbahaya.
"Apakah saya teracuni dengan memakan ikan di piring? Kita hanya punya sedikit pengetahuan soal rantai peristiwa yang mengarah pada hal itu. Tapi itu adalah skenario  yang mungkin terjadi jika plastik dicerna oleh tingkat terendah dari jaring makanan dan dapat berpengaruh pada rantai makanan tingkat atas," kata Law. 



Post Date : 12 Desember 2014