SKK Migas-PetroChina Serahkan Bantuan Instalasi Air Bersih

Sumber:metrojambi.com - 22 April 2014
Kategori:Air Minum

SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd menyerahkan bantuan instalasi pengolahan air bersih untuk masyarakat Desa Simbur Naik, Kecamatan Nibung Putih, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Pemberian bantuan ini merupakan salah satu program tanggung jawab sosial, dan wujud kepedulian SKK Migas-PetroChina Jabung atas kesulitan air bersih yang dialami sebagian masyarakat di Kabupaten Tanjabtim.

Penyerahan tersebut dilakukan VP Kemitraan & Hubungan Pemerintahan PetroChina, Budi Setiadi, bersama Bupati Tanjabtim, Zumi Zola Zulkifli, Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagsel yang diwakili oleh Awamsyah, dan sejumlah SKPD terkait. Menurut Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, John Halim, instalasi pengolahan air bersih tersebut merupakan bantuan tahap pertama dari rencana penyerahan bantuan serupa untuk beberapa desa di wilayah Tanjabtim.

Dikatakan Halim, PetroChina Jabung menaruh perhatian yang serius atas kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam mendapatkan air bersih. Oleh karena itu, PetroChina memprioritaskan program ini agar secepatnya direalisasikan.

“Mudah-mudahan bantuan air bersih yang dimulai dari Desa Simbur Naik ini benar-benar bisa memberikan manfaat yang besar bagi warga dalam memenuhi kebutuhan airnya. Baik untuk air minum maupun keperluan memasak,” kata Halim.

Sesuai rencana, pada tahap awal, dalam program tanggung jawab sosial tahun 2014, PetroChina akan memasang beberapa unit instalasi pengolahan air bersih di beberapa desa di Tanjabtim. Sarana instalasi ini sanggup mengolah air baku yang bersumber dari sumur dalam (artesis) yang semula kurang layak diminum karena tingginya kadar zat besi dan unsur logam lain yang membahayakan lainnya, menjadi air jernih yang layak dikonsumsi.

PetroChina telah menguji instalasi pengolahan air bersih berkapasitas 1 m3 per jam ini sebelum diserahkan ke masyarakat, dengan hasil sesuai standar kelayakan air yang dapat dikonsumsi sebagai air minum dan kebutuhan memasak. Patut diketahui, air yang layak dikonsumsi antara lain harus memenuhi kriteria jernih, tidak bewarna, tidak berbau, mengandung unsur mineral, serta tidak mengandung unsur membahayakan seperti zat besi (Fe), atau mangan (Mn).

Bantuan instalasi pengolahan air bersih untuk warga Desa Simbur Naik ini menggunakan tenaga listrik sekitar 1.000 watt. Bersama produsen alat filtrasi, PetroChina telah melakukan pelatihan kepada beberapa warga Simbur Naik untuk pengoperasian fasilitas tersebut. Karena nantinya, instalasi ini akan dikelola oleh pemerintah desa dan masyarakat.

“Jadi awet tidaknya peralatan ini, tentu tergantung bagaimana nanti masyarakat memeliharanya. Kami berharap alat ini dapat dipakai dalam jangka waktu yang panjang,” tambahnya.

Dalam peresmian penggunaan air bersih di Desa Simbur Naik tersebut, manajemen PetroChina juga menyerahkan bantuan buku komik sains yang diterbitkan oleh Prof. Johanes Surya - pakar fisika yang membidani kelahiran Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) -  untuk melengkapi kebutuhan koleksi perpustakaan sejumlah SD di Tanjabtim. Buku yang berisikan berbagai ilmu pengetahuan tersebut, diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan siswa-siswi SD di Tanjabtim.

 



Post Date : 23 April 2014