Pelatihan Baseline Survey untuk Rencana Pengamanan Air Minum Kawasan Sungai Cikapundung. Hotel Stevie G - Maja House 22-23 November 2012.
Dokumentasi No: 028/2012/AWPI/C4/PRO II (AusAID Initiative INI 390)

Pengarang:Waspola Facility
Penerbit:Jakarta: Waspola Facility, 2012
Halaman:60 hal + gambar, 29 cm.
No. Klasifikasi:628.159.82 Was p
Kata Kunci:Pelatihan, Baseline Survey, Pengamanan Air Minum, Sungai Cikapundung, Bandung
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Laporan

Pelatihan baseline survey rencana pengamanan air minum (RPAM) merupakan kegiatan awal sebelum dilaksanakannya kegiatan baseline survey yang terdiri dari Transect Walk Sungai Cikapundung ruas uji coba, Focussed Group Discussion terhadap masyarakat disekitar Sungai Cikapundung, survey rumah tangga masyarakat sekitar Sungai Cikapundung dan pengukuran kualitas air Sungai Cikapundung.  Pelatihan ini dimaksudkan untuk menyiapkan tenaga siap pakai yang memahami konteks survey RPAM, termasuk kaidah metodologi riset yang akan digunakan.

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 22-23 November 2012, bertujuan untuk membekali calon inumerator dan fasilitator mengenai kerangka metodologi dan ketrampilan pengumpulan data dasar RPAM.  Pelatihan  yang dilaksanakan di dalam kelas secara partisipatif, dilanjutkan dengan praktek lapangan untuk menyempurnakan kuesionaer untuk data kuantitatif dan penyempurnaan panduan FGD untuk data kualitatir serta simulasi kelas untuk FGD.

Adapun hasil dari pelatihan ini adalah kuesioner yang siap disebarluaskan ke responden, panduan FGD, dan kalender kegiatan baseline survey RPAM Cikapundung yang akan dilaksanakan November-Desember 2012.



Post Date : 29 April 2014