Baseline Survey RPA Cikapundung, Bandung Sub Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Air Minum dan Penyehatan Lingkungan,
Dokumentasi No : 031/2013/AWP1/C4/PRO2, AusAID Initiative INI 390

Pengarang:Waspola Facility
Penerbit:Jakarta : Waspola Facility, 2013
Halaman:ii, 85 hal + gambar
No. Klasifikasi:628.159.82 Was b
Kata Kunci:RPA Cikapundung, FGD, AMPL, Baseline Survei, Air Limbah, Sampah.
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Laporan

Salah satu program kerja dari Waspola Facility yaitu Program Rencana Pengamanan Air (RPA) yang dilaksanakan di Sungai Cikapundung mulai dari Dago Bengkok sampai Tamansari Bandung. Proses uji coba dilakukan dengan melalui serangkaian intervenasi yang akan dilakukan untuk meperoleh hasil secara terukur.    Untuk memperlancar program kerja terkait dengan RPA di kawasan Sungai Cikapundung  ini diselenggarakan lokakarya dalam bentuk Focus Group Discusion (FGD) konsolidasi Pokja AMPL pada tanggal 30-31 Oktober 2013 di  Hotel Aston Bandung.

Maksud diselenggarakannya FGD adalah menyiapkan data/informasi awal secara menyeluruh mengenai kondisi kawasan sungai Cikapundung mencakup fisik, kegiatan dan perilaku masyarakat sebagai dasar dalam pelaksanaan RPA dan masukan dalam perencanaan intervensi.

Adapun populasi yang menjadi sasaran baseline survey adalah komunitas dalam wilayah segmen RPAM kawasan Sungai Cikapundung yang terdiri dari 40 RW, dengan mengambil sampel sasaran sebanyak 10 titik komunitas sisi kiri dan kanan Sungai Cikapundung yang ditetapkan secara proporsional .

Keluaran dari FGD ini adalah mendapatkan data dasar/eksisting sebagai pembanding antara pra dan post intervensi maupun terhadap data yang sudah tersedia terkait dengan kawasan Sungai Cikapundung.



Post Date : 21 Mei 2014