5 Juta Pelestari Lingkungan Siap Menghijaukan Indonesia

Sumber:AMPL - 23 April 2007
Kategori:Umum
Krisis multidimensi yang terus melanda bangsa Indonesia berpengaruh kesemua bidang kehidupan, tak terkecuali kondisi lingkungan yang semakin memprihatinkan. Efek pemanasan global (global warming) yang menjadi masalah seluruh dunia adalah salah satunya.

Hal ini terkuak pada acara Pengukuhan Kader Pelestari Lingkungan dan Duta Lingkungan Hidup Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Minggu malam (22/4), di pelataran Kantor DPP PKB Jakarta. Gelaran acara ini bertepatan peringatan Hari Bumi 2007.

Sebelum mengukuhkan, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB H.A. Muhaimin Iskandar, M.Si mengatakan, PKB yang baru saja mendeklarasikan diri sebagai Partai Hijau (green party) bertekad melalui pintu lingkungan hidup akan menyelesaikan berbagai krisis bangsa.

Langkah konkritnya, lanjut Muhaimin, melalui kebijakan nasional bidang lingkungan hidup berupa penataan sistem dan konstitusi. Kami sedang memperjuangkan sembilan RUU untuk selamatkan lingkungan hidup, katanya.

Sementara itu, dalam refkesinya, Sekjen DPP PKB Ir. H.M. Lukman Edy, M.Si menyerukan semua pihak agar menyamakan langkah dalam memperlambat proses pemanasan gobal dengan kebijakan negara yang ramah lingkungan. Langkah ini, katanya, bisa dimulai dengan mengurangi intensitas pemakaian kendaraan bermotor.

Lukman juga menyerukan agar kita meningkatkan gerakan penghijauan. Mari, hentikan pembabatan hutan selama kurun waktu 30 tahun untuk kita tanam kembali, tegasnya.

Dalam kesempatan itu, penyanyi dangdut Inul Daratista dan pesinetron Tengku Firmansyah dikukuhkan sebagai Duta Lingkungan Hidup PKB. Saya ingin Indonesia hijau kembali, tegas Inul usai pengukuhan. Dipenghujung acara diputar film An Inconvenient Truth, film dokumenter terbaik Oscar 2007, sutradara Davis Guggenheim.

Wujud dari misi lingkungan partai bersimbol bumi ini dengan adanya lima juta kader pelestari lingkungan di seluruh Indonesia yang siap menjalankan tugas-tugas lingkungan. Mampukah lima juta pelestari lingkungan ini menghijaukan kembali Indonesia? Kita tunggu saja. BW



Post Date : 23 April 2007