Pamsimas Sragen Terbanyak di Indonesia

Sumber:krjogja.com - 30 Sept 2014
Kategori:Air Minum

Jumlah sumur Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kabupaten Sragen salah satu yang terbanyak di seluruh Indonesia. Dari total 208 desa dan kelurahan yang ada, Pamsimas untuk mengatasi kekeringan ini telah didirikan di 113 desa.

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Permukiman, Bidang Cipta Karya, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen, Suwaji kepada wartawan Selasa (30/9/2014) mengatakan, pada tahun 2014 ini, ada penambahan lima sumur lagi, di mana empat buah di antaranya dibiayai anggaran dari pemerintah pusat dan satu dari APBD Sragen. Sementara untuk tahun 2015, bakal ada penambahan enam sumur, dengan komposisi dana dari pusat dan daerah.

Menurut Suwaji, pada 2019 mendatang sesuai program Milleniun Development Goals (MDGs) ditargetkan sudah tidak ada lagi masyarakat Sragen yang kekurangan air bersih. Sumur Pamsimas yang menjadi andalan penyediaan air bersih itu, manfaatnya sudah dirasakan masyarakat, meski ada beberapa sumur yang mangkrak karena fator teknis dan nonteknis. 

Mengingat di Sragen sudah ada asosiasi Badan Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP SPAM), diharapkan asosiasi tersebut menjadi tempat untuk bertukar pengalaman. Selain itu para pengurus juga diminta agar selalu kompak dan melayani masyarakat.

"Mulai 2013 lalu, DPU telah menganggarkan untuk perbaikan pipa dan pompa. Pada tahun ini anggaran itu ditambah juga untuk perbaikan pipa, pompa dan sarana prasarana, dan diserahkan kepada asosiasi," jelasnya.

Ditambahkan Suwaji, pembuatan sumur Pamsimas sejauh ini memang diprioritaskan di wilayah yang menjadi langganan kekeringan, di wilayah Sragen Utara. Berdasarkan skala prioritas kebutuhan air bersih, anggaran pendirian Pamsimas diarahkan ke wilayah tersebut.

"Secara bertahap nanti semua desa sebisa mungkin didirikan Pamsimas agar musim kemarau seperti sekarang, tidak ada lagi yang krisis air," tandasnya.


Post Date : 01 Oktober 2014