USAID-IUWASH Latih Penanganan Sanitasi

Sumber:ajatapparengnews.com - 20 Maret 2013
Kategori:Sanitasi
Organisasi nirlaba non pemerintah bertaraf internasional, USAID, melalui Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH) Kota Parepare menggelar pelatihan di Hotel Kenari Bukit Indah, Kota Parepare, Selasa (19/3).

Pelatihan tersebut dibagi dua tema yakni pelatihan Advokasi Peningkatan Anggaran Terhadap System Pelayanan Publik dan Pelatihan Mekanisme Partisipasi Masyarakat untuk Layanan Air Bersih dan Sanitasi.

Hadir membuka acara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare H Achmad Faisal Andi Sapada. Atas nama Wali Kota Parepare, Faisal mengungkapkan apresiasi pemerintah atas apa yang dilakukan IUWASH-USAID di Parepare yang diakui banyak membantu pemerintah mengatasi hal-hal mendasar dalam masyarakat.

Peserta pelatihan yang berlangsung dua hari yakni 18-19 Maret 2013 ini diikuti perwakilan tiap-tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota Parepare dan beberapa aktifis LSM di Kota Parepare.

IUWASH adalah salah satu program yang bernaung di bawah USAID. IUWASH memberikan bantuan penataan sanitasi bagi masyarakat di daerah-daerah di Sulsel termasuk Kota Parepare.

Bantuan yang diberikan tersebut antara lain berupa MCK ataupun kebutuhan sanitasi lainnya. Lembaga ini bergerak dalam hal pembangunan masyarakat khususnya yang berkaitan dengan kebersihan dan sanitasi lingkungan masyarakat kecil.

IUWASH telah melakukan pengembangan air minum baik dalam bentuk mediasi, advokasi kepada masyarakat dan juga melakukan pendampingan terhadap Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di setiap daerah yang menjadi sasaran kerja IUWASH.

Lembaga ini melaksanakan program di 24 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Target mereka adalah menyediakan akses air minum terhadap dua juta masyarakat, akses sanitasi terhadap 200 ribu masyarakat  dan menurunkan sebanyak 20 persen biaya yang dikeluarkan masyarakat miskin dalam mengakses air minum.


Post Date : 21 Maret 2013