Jokowi Ajak Warga Jakarta Kelola Sampah Menghasilkan Uang

Sumber:jaringnews.com - 5 Maret 2013
Kategori:Sampah Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sudah mulai membuka lembaran baru dalam mengurusi Jakarta. Setelah banjir dan transportasi, Jokowi mulai mengurusi sampah di Jakarta.

Jokowi mengatakan, sampah yang menggunung di sungai dan di pemukiman harus dikelola. Selama ini sampah itu hanya berpindah tempat tanpa dikelola. Maka itu perlu ada perubahan pemikiran bahwa sampah harus bernilai ekonomi.

“Sampah harus dipandang sebagai sumber daya yang memiliki nilai ekonomis. Bukan hanya itu masyarakat pelaku industri dan pengelola kawasan mempunyai tanggung jawab sosial dan lingkungan dalam pengelolaan sampah,” kata Jokowi di kantor DPRD DKI Jakarta, Selasa (5/3).

Di DPRD DKI Jakarta, Jokowi menyampaikannya dalam Rapat Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2017. Di dalamnya disampaikan soal pengelolaan sampah. Intinya, masyarakat perlu bertanggung jawab atas sampah yang mereka buang.

“Mulai saat ini masyarakat DKI Jakarta menjadi pelaku utama dan harus bertanggung jawab dalam pengelolaan kebersihan kota,” kata dia.

Sementara, Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Unu Nurdin mengatakan contoh pengelolaan sampah menilai ekonomi adalah lewat Bank Sampah. Bank Sampah ini sistem menjual sampah daur ulang di tempat pembuatan benda daur ulang. Tempat itu bernama Bank Sampah.

“Iya pengelolaan akan lebih ekonomis. Ke depan kita akan fokus pada upaya penanganan sampah di daerah kumuh, karena sekarang sudah banyak pemukiman yang baik dengan bank sampah. Nanti akan ada subsidi silang,” kata Unu.

Post Date : 06 Maret 2013