PU Minta Anggaran Sanitasi Minimal 2%

Sumber:okezone.com - 2 Juli 2014
Kategori:Sanitasi
Kementerian Pekerjaan Umum (Kementerian PU) meminta anggaran untuk sanitasi minimal di atas 2 persen dari APBD. Hal ini karena masih banyak kabupaten/kota yang komitmen pendanaannya masih rendah untuk perbaikan kondisi sanitasi, sehingga berdampak pada belum tersedianya prasarana dan sarana sanitasi.

"Pendanaan sanitasi yang ideal minimal 2 persen dari APBD. Jika tidak, apalagi untuk membangun prasarana dan sarana baru, memelihara yang sudah dibangun saja akan sulit,” kata Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) Ditjen Cipta Karya, M Maliki Moersid, yang dikutip dari laman resmi Kementerian PU, Rabu (2/7/2014).

Maliki menyebut, minimnya anggaran APBD untuk sanitasi tidak akan mencukupi untuk mencapai target Indonesia memiliki sanitasi yang layak 100 persen di 2019. 

Berdasarkan data yang dirilis BPS, jumlah rumah tangga di Indonesia yang telah memiliki fasilitas sanitasi yang layak hingga tahun 2013 baru mencapai angka 59,71 persen. 

"Artinya masih terdapat sekitar 40,29 persen atau lebih kurang 100 Juta penduduk Indonesia yang belum memiliki akses sanitasi yang baik," tutup dia. 


Post Date : 02 Juli 2014