Pemkab Kutim Bangun Instalasi Pengolahan Air Berkapasitas 100 Liter/Detik

Sumber:tribunnews.com - 31 Oktober 2014
Kategori:Air Minum

Pemkab Kutai Timur berencana untuk membanguan satu lagi Instalasi Pengolahan Air (IPA) untuk memperkuat jaringan distribusi PDAM Tirta Tuah Benua kepada para pelanggannya.

IPA berkapasitas 100 liter per detik ini rencananya akan dibangun di sekitar wilayah Soekarno-Hatta berdekatan dengan kawasan Gedung Olahraga (GOR) Sangatta.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Timur, Aswandini Eka Tirta, Jumat (31/10/2014), mengatakan IPA baru milik PDAM ini nantinya memanfaatkan sumber air bersih yang dipasok oleh PT Kaltim Prima Coal (KPC).

Secara kebetulan di daerah sekitar tambang milik perusahaan batu bara ini terdapat kolam air yang punya kapasitas lumayan besar sehingga sebagian besarnya bisa dimanfaatkan oleh PDAM sebagai bahan baku air bersihnya.

Namun ia buru-buru membantah jika dikatakan sumber air ini berasal dari bekas kolam tambang, hanya kebetulan lokasinya memang berada di areal hutan yang masuk dalam kawasan tambang milik KPC, bahkan perusahaan itu juga menggunakan sebagian airnya untuk kebutuhan internal.

"Ini air kolam bukan kolam tambang masih hutan cuma berada diatas tidak bisa masuk bebas karena jalurnya jalur tambang tapi airnya sendiri buka air galian tambang," katanya.



Post Date : 31 Oktober 2014