Drainase buruk, banjir genangi jalur Cipanas-Puncak

Sumber:merdeka.com - 9 Juli 2013
Kategori:Drainase

Puluhan rumah di sepanjang Jalan Balakang, Cipanas, Cianjur, Jabar tergenang banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Cianjur sejak sore tadi. Kondisi itu terjadi akibat buruknya drainase sehingga aliran air tersendat.

Mampetnya aliran air sebenarnya sudah kerap dikeluhkan warga kepada aparat pemerintah di Kecamatan Cipanas. Namun, laporan yang mereka lakukan tidak mendapatkan tanggapan sehingga warga terpaksa merelakan tempat tinggalnya terendam banjir.

Genangan air juga terlihat di jalur utama Cipanas-Puncak, atau tepatnya beberapa meter dari Istana Cipanas.

"Sudah pasti kalau hujan deras, rumah kami tergenang air akibat saluran pembuangan di pinggir jalan tidak berfungsi dengan baik. Selama ini keluhan kami tidak didengar dinas terkait yang beberapa waktu lalu memperbaiki jalan ini," keluh Lan Lan, warga Cipanas, Selasa (9/7), seperti dilansir dari Antara.

Dia menambahkan, banjir tidak hanya terjadi di tempat tinggalnya, jalan utama Cipanas yang berjarak beberapa meter dari Istana Cipanas juga tergenang air setinggi satu meter. Akibatnya, kendaraan dari arah Cianjur tidak dapat melalui jalan tersebut.

"Seperti sore ini antrean kendaraan mencapai setengah kilometer dari arah Cianjur, menuju Bogor atau sebaliknya," tandasnya.

Hingga malam ini, hujan deras masih mengguyur kawasan Puncak-Cianjur. Kondisi ini membuat arus lalu lintas terhambat adanya genangan air disertai batuan ukuran besar menutup jalan di sepanjang jalan.

Derasnya air membuat sejumlah pengendara harus berhati-hati membawa kendaraannya. 

"Kami terpaksa mengarahkan pengendara yang melintas untuk menggunakan jalur alternatif atau membagi satu jalur menjadi dua arah, guna menghindari terjadinya macet total di kawasan ini," ujar salah seorang anggota Lantas Polres Cianjur di bawah siraman hujan lebat.



Post Date : 10 Juli 2013