Kota Bogor Kembangkan Sanitasi Berbasis Masyarakat

Sumber:poskotanews.com - 10 September 2013
Kategori:Sanitasi

Pemerintah Kota Bogor saat ini sedang melaksanakan program pembangunan sanitasi berbasis masyarakat.Program tersebut dilaksanakan di 12 lokasi, bertujuan untuk mengajak warga masyarakat mengubah kebiasaan lama dalam menangani urusan limbah rumah tangga.

Selain itu, program ini juga bertujuan menghentikan kebiasaan buang air kecil dan BAB (Buang Air Besar) sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum rumah tangga dan pengelolaan sampah rumah tangga.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekeretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengungkapkan, bahwa Kota Bogor merupakan salah satu dari 10 Kota di Indonesia yang dipilih pemerintah untuk mencoba menerapkan dan mengembangkan program sanitasi berbasis masyarakat.

“Suksesnya pelaksanaan program tersebut, tentu membutuhkan berbagai dukungan, antara lain diperlukan teknologi pengelolaan limbah yang tepat dan efektif atau teknologi yang tepat guna,“kata Ade yang mewakili Walikota Bogor ketika membuka sosialisasi lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) untuk Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Perkotaan di Balaikota Bogor Senin .

Ade menjelaskan, ukuran teknologi tepat guna pada pembangunan sanitasi berbasis masyarakat adalah sanitasi yang inovatif, sesuai kebutuhan, aman, terjangkau dan dapat diaplikasikan di lingkungan perkotaan serta mudah direplikasi sehingga dapat dipergunakan pada berbagai lokasi pembangunan sanitasi.

Teknologi tersebut, lanjut Ade, harus sesuai dan dapat diterapkan pada berbagai kondisi lingkungan seperti lingkungan yang sulit air, lingkungan kehidupan masyarakat yang memiliki kebiasaan atau kultur yang sulit diubah.

“Teknologi yang diterapkan harus mampu menarik perhatian dan keinginan masyarakat untuk memanfaatkannya,“paparnya.

Oleh karena itu, sambung Ade, untuk menemukan teknologi dengan kriteria-kriteria seperti itulah, pemerintah mengajak warga masyarakat ikut serta berinovasi dan berkreativitas melalui Lomba Teknologi Tepat Guna program sanitasi berbasis masyarakat.

 



Post Date : 10 September 2013