Cimahi Raih Sanipura Award

Sumber:pikiran-rakyat.com - 18 Sept 2014
Kategori:Sanitasi

Di tengah minimnya ketersediaan air bersih Kota Cimahi menyabet peringkat 1 Sanipura Award dalam penilaian oleh Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) pada acara City Sanitation Summit XIV di Sabuga Jln. Tamansari Kota Bandung, Kamis (18/9/2014). Penghargaan diserahkan oleh Menkokesra Agung Laksono.

Usai menerima Sanipura Award Walikota Cimahi Atty Suharti didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi Tety Murtiwendari mengatakan, Cimahi mendapat 2 penghargaan yaitu Kategori indikator Nawasis mendapat peringkat pertama dengan nilai 89,5 yang dilihat dari upaya meningkatkan layanan sanitasi, dan kategori pendanaan Kota Cimahi mendapat peringkat 3 menganggarkan dana untuk sanitasi sebesar 6,17 persen dari total anggaran belanja langsung APBD.

"Kami berupaya tingkatkan kelembagaan, infrastuktur dan pembangunan sanitasi di Kota Cimahi," ujarnya.

Komitmen Kota Cimahi meningkatkan layanan sanitasi tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2012-2017. Anggaran sanitasi tahun 2013 sebesar Rp 35,4 miliar, pada tahun 2014 meningkat sekitar Rp 54 miliar dan tahun 2015 diperkirakan anggaran sanitasi mencapai Rp 100 miliar.

Menyinggung masalah pengadaan air beersih, Atty mengakui Kota Cimahi belum memiliki PDAM. PDAM Tirtarahajra milik Pemkab. Bandung melayani sekitar 12% masyarakat Kota Cimahi.

"Kita tidak punya sumber daya air sendiri. Karena itu, kita harap diupayakan lewat penyediaan air artesis atau sumur bor. Ke depan juga sedang mengupayakan dibentuk Badan Pengelola Air Bersih," ucapnya.

Untuk limbah pabrik, pihaknya sedang mengupayakan instalasi pengolahan air limbah (ipal) terpadu yang bisa menampung limbah sejumlah pabrik secara komunal. "Pembebasan lahan sudah ada rencana, ada bantuan dana hibah dari Australia sebesar Rp 500 juta untuk pendataan detail engineering design/DED)," katanya.

Tahun 2015, Pemkot Cimahi juga mengupayakan peningkatan infrastruktur drainase perkotaan untuk mengatasi banjir di ruas jalan. "Semua itu bisa diwujudkan dengan pendanaan sanitasi yang memadai," tuturnya.



Post Date : 19 September 2014