Mega proyek Waduk Jatigede selesai tahun 2014

Sumber:merdeka.com - 5 April 2013
Kategori:Air Minum

Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menargetkan penyelesaian pembangunan proyek Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat pada 2014. Hingga kini pembangunan mega proyek Jatigede sudah mencapai 70 persen.

"Kondisi saat ini progresnya sudah 70 sekian persen. Rencananya akhir tahun ini September atau Oktober sudah bisa mulai diisi (pengairan) waduk tersebut," kata Menteri PU, Djoko Kirmanto kepada wartawan usai rapat tertutup di Gedung Sate, Jumat (5/4).

Waduk Jatigede memiliki fungsi strategis, di antaranya bisa menjamin pasokan air bagi lahan pertanian seluas 90.000 hektar. Pasokan air tersebut bisa bertahan untuk panen hingga dua kali dalam setahun.

Selain itu, waduk ini juga bisa menampung air dengan jumlah yang besar sehingga tidak akan terjadi banjir. Fungsi lain perairan Waduk Jatigede bisa menghasilkan listrik hingga 110 Mega Watt (MW).

"Luar biasa manfaatnya dari Waduk Jatigede untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Waduk Jatigede sangat ditunggu guna mengatasi krisis air, baik untuk irigasi rentang maupun air baku untuk air bersih. Meski mega proyek bertahun-tahun ini selalu menemukan jalan terjal namun pihaknya akan terus bekerja keras untuk merealisasikan rampung pada tahun depan.

Kementerian PU dalam pembangunan sempat terkendala pembebasan lahan dan ganti rugi kepada penduduk setempat meski diklaim telah beres secara legalitas. Dia pun menawarkan berbagai solusi salah satunya merelokasi. "Solusinya merelokasi para pemilik lahan yang sudah dibebaskan tersebut," jelasnya. Jumlah yang direlokasi ada sekira 697 Kepala Keluarga.

Proses relokasi saat ini juga disebut sudah matang dengan mendirikan rumah bagi relokasi warga. Rumah tersebut dibangun Kementerian Perumahan Rakyat.



Post Date : 05 April 2013