Jakarta Minim Tong Sampah!

Sumber:okezone.com - 30 desember 2013
Kategori:Sampah Jakarta

Pemprov DKI Jakarta disarankan lebih serius mengelola sampah, terutama menjelang tibanya musim penghujan akhir tahun ini. Caranya dengan menyediakan fasilitas penjemputan sampah dari rumah-rumah warga serta memperbanyak tempat sampah di tempat umum.
 
"Persoalan sampah di musim penghujan, Desember hingga Januari ini perlu diwaspadai karena besar curahnya besar. Jika banjir disertai sampah-sampah, maka semakin banyak penyakit yang bisa menyerang warga,” kata Calon Anggota DPD dari DKI Jakarta, Rommy, dalam keterangan persnya, Senin (30/12/2013).
 
Menurut Rommy, banyak yang bisa dilakukan Pemprov DKI untuk mengatasi sampah, khususnya untuk mencegah banjir. Seperti dengan mengangkut sampah secara rutin dari perkampungan untuk mengurangi perilaku warga agar tidak membuang sampah ke aliran sungai.
 
“Tong sampah di tempat umum juga diperbanyak. Karena perilaku nyampah seringkali terjadi karena sulitnya menemukan tong sampah di tempat umum. Jika di luar negeri, orang bisa sampai memiliki perilaku menyimpan sampahnya di dalam tas sampai mereka menemukan tong sampah, hal ini sangat langka dijumpai di Indonesia,” sesal Rommy.
 
Untuk itu, dia menyarankan agar Pemprov DKI menyediaan tong-tong sampah di kendaraan umum atau di sepanjang jalan dan di banyak titik di perkampungan warga.
Rommy mencontohkan, di Ciracas Jakara Timur yang hanya memiliki dua gerobak sampah yang sudah tidak memadahi, tapi warga juga berpartisipasi aktif membuat gerobak.
 
“Alangkah baiknya jika Pemprov DKI bisa menyediakan sarana gerobak lebih banyak atau merubahnya dengan mesin/truk pengangkut sampah sehingga sampah tidak akan tertimbun lama di sekitar area pemukiman,” tutupnya.



Post Date : 30 Desember 2013