Ribuan KK di Piyungan Kesulitan Air Bersih

Sumber:metrotvnews.com - 14 September 2014
Kategori:Air Minum
Ribuan kepala keluarga (KK) di Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai mengalami kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Salah satunya di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan. Mereka yang mengalami kesulitan di desa ini, adalah yang tinggal di Dusun Kaligatuk, Ngelosari dan Pandean. Sedangkan di Desa Srimartani warga yang kesulitan air bersih berada di Dusun Rejosari dan Bulusari.

“Dari 5 dusun yang ada di dua desa tersebut setidaknya ada 1294 kepala keluarga atau lebih dari 4000-an jiwa yang kini kekurangan air bersih,” kata Pardiono Kepala Dusun Ngelosari, Desa Srimulyo, Piyungan, Minggu (14/9/2014).

Ia mengemukakan kesulitan air bersih sudah dirasakan oleh warga semenjak awal Ramadan yang lalu sehingga warga harus membeli air bersih darimobil
tanki penjual air swasta.

“Bak penampungan air bersih yang berjumlah 15 unit tak lagi ada air bersihnya. Jikapun masih ada  airnya kotor dan tidak layak untuk konsumsi,” ujarnya.

Dengan mata pencaharian sebagai petani warga tak mampu lagi jika harus membeli air bersih dari tanki yang harga sudah mencapai diatas Rp100.000. Untuk membantu, PAC PDIP Bantul, menyalurkan belasan tanki air bersih kepada warga.

Supriyanto, Sekretaris PAC PDI Perjuangan Kecamatan Piyungan mengatakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih kepada warga yang tinggal di perbukitan dan gersang, PDAM rencananya akan memompa air dari sungai opak untuk dialirkan ke bak penampungan air bersih dan selanjutnya didistribusikan kepada warga namun rencana tersebut belum terealisasi.

“Di setiap dusun memang sudah ada pengeboran air bersih dan airnya dinaikkan dengan pompa air untuk selanjutnya ditampung di bak-bak penampungan namun karena kemarau panjang mata air yang ada semakin keci ldan tak mampu memenuhi kebutihan ratusan KK,” ujarnya.

Lebih jauh Supriyanto mengatakan jika warga masih membutuhkan air bersih karena kemarau panjang maka pihaknya siap melakukan pendistribusian air bersih kembali. “Silahkan warga yang kesulitan air bersih silahkan berkomunikasi dengan pengurus PAC PDI Perjuangan Piyungan, kami siap membantu,” ujarnya. (Agus Utantoro)


Post Date : 15 September 2014