Bupati Bangka Tengah Minta Gencarkan Sosialisasi Sanitasi

Sumber:ciputranews.com - 16 November 2014
Kategori:Sanitasi

Bupati Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman meminta pihak Dinas Kesehatan setempat lebih menggencarkan sosialisasi tentang sanitasi untuk menciptakan warga sehat dan lingkungan yang bersih.

'Saya minta terus sampaikan kepada warga bagaimana pola hidup sehat dan bersih, sehingga timbul kesadaran dari dalam diri sendiri,' katanya di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan, mengubah pola pikir dan perilaku masyarakat harus lebih sabar dan berkesinambungan karena terkait dengan kebiasaan mereka.

'Jangan ada lagi buang air besar sembarangan dan upayakan di setiap rumah sudah memiliki sumur dan toilet,' ujarnya.

Menurut dia, sanitasi yang buruk di tengah warga akan menurunkan kualitas kesehatan karena bisa menjadi sumber penyakit.

'Sosialisasikan bahaya perilaku hidup tidak sehat, di samping disediakan sarana pendukung. Penyuluh kesehatan harus mampu memberikan pemahaman kepada warga arti penting sanitasi,' ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Bahrun mengatakan pihaknya terus mengajak warga untuk berperilaku hidup sehat.

'Bahkan kami bekerja sama dengan perangkat desa sudah berkomitmen menjalankan program stop buang air besar sembarangan,' ujarnya.

Menurut dia, menyediakan fasilitas pendukung untuk mengubah perilaku warga yang sanitasi buruk tidak efektif lagi.

'Kami sudah bangun sumur umum, toilet umum dan tempat mandi tetapi tidak berfungsi secara optimal dan malah kondisinya sangat jorok karena tidak terawat,' ujarnya.



Post Date : 17 November 2014