Penyadaran Soal Sanitasi Bisa Disisipkan Di Sekolah

Sumber:suarasurabaya.net - 4 Juni 2013
Kategori:Sanitasi

Penyadaran tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), bisa disisipkan lewat pendidikan di sekolah.

Dengan upaya itu, diharapkan semua siswa di sekolah-sekolah, bisa jadi agen perubahan perilaku, untuk terbiasa hidup dengan sanitasi sehat.

Ratih Astati Dewi Distric Team Leader High Five Surabaya mengatakan ini, menyikapi masih minimnya pendidikan tentang sanitasi sehat di sekolah-sekolah di Surabaya.

 

Lewat program lembaganya yang konsen pada masalah sanitasi, dia mengajak dan berusaha menjadikan siswa dan guru jadi agen perubahan perilaku, yang diharapkan bisa menularkan kebiasaan baiknya soal sanitasi sehat, ke lingkungan sekitarnya.

"Untuk itu, High Five terus mengembangkan pelatihan soal Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dengan melibatkan siswa, guru dan kepala sekolah. Dengan cara itu, diharapkan upaya mengajak masyarakat untuk bisa hidup sehat dengan sanitasi yang sehat, dapat tercapai dengan cepat," ujar Ratih.

Dengan bekal pelatihan untuk para guru dan kepala sekolah, diharapkan penyadaran soal sanitasi sehat bisa dilakukan tidak hanya dengan metode ceramah yang membosankan.

"Ada strategi khusus yang harus dikuasai guru dan kepala sekolah, untuk mengajak siswa-siswa mereka lebih sadar sanitasi sehat, diantaranya dengan mengajak anak-anak memahami sanitasi lewat kegiatan langsung di sekolah, seperti membiasakan cuci tangan pakai sabun, tidak membuang sampah sembarangan, dan selalu buang air besar dan kecil di jamban," papar Ratih. 



Post Date : 05 Juni 2013