198 Pelajar di 33 Provinsi Serbu Jambore Sanitasi

Sumber:okezone.com - 24 Juni 2013
Kategori:Sanitasi

Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum (PU) kembali mengadakan Jambore Sanitasi 2013 untuk kelima kalinya. Jambore ini melibatkan hampir 198 siswa SMP dari 33 provinsi.

Jambore yang bertema "Bersama Kita Peduli Sanitasi dan Air Minum" menunjukkan pentingnya kerjasama antarsanitasi dan air minum sebagai upaya pelindungan air baku untuk ketersediaan air minum yang memenuhi persyaratan guna mewujudkan permukiman yang layak huni dan berkelanjutan.

"Oleh karena itu, melalui jambore sanitasi ini Pemerintah terus mengajak peran aktif masyarakat secara bahu membahu untuk terus menggemakan dan melanjutkan pembangunan sanitasi yang kayak demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto saat pembukaan Jambore Sanitasi 2013, di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Senin (24/6/2013).

Djoko menambahkan, melalui kegiatan ini berharap program-program pemerintah di bidang sanitasi dapat terpublikasi dengan baik, serta mensosialisasikan metode teknologi sederhana di bidang sanitasi yang mudah diterapkan di lingkungan masyarakat.

Menurut Djoko, saat ini penyediaan akses sanitasi dan air minum menjadi tugas pemerintah. Data Badan Pusat Statisik (BPS) pada 2012, sebesar 55,6 persen akses sanitasi layak air minum dari target MDGS harus mencapai 62,41 persen.

Acara Jambore Sanitasi ini berlangsung atas kerja sama yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Kementerian Kesehatan, Bappenas, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.



Post Date : 24 Juni 2013