Dinas PU: masyarakat utamakan sanitasi lingkungan

Sumber:antaranews.com - 21 Mei 2013
Kategori:Sanitasi

Masyarakat perlu mengutamakan sanitasi lingkungan agar hidup menjadi sehat, bersih, ramah lingkungan, rapi dan indah, kata Kepala Dinas PU Cipta Karya Sumatera Selatan Rizal Abdullah.

Untuk menciptakan generasi tersebut maka diperlukan peran serta anak-anak sebagai ujung tombak untuk menciptakan generasi baru yang mencintai sanitasi, katanya usai membuka pemancangan gerakan Indonesia bersih, sehat, ramah lingkungan, rapi dan indah di Palembang, Selasa.

Menurut dia, sanitasi diartikan sebagai upaya untuk menjamin terwujudnya kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan harus menempatkan anak dalam kelompok terdepan agar menjadi agen perubahan.

Oleh karena itu, semua memiliki kewajiban untuk memotivasi anak-anak agar menjadi ujung tombak dalam penerapan sanitasi, dengan mengajarkan cara atau perilaku hidup sehat.

Adapun strategi yang digunakan pihaknya untuk meningkatkan kualitas sanitasi masyarakat Sumsel yaitu pengembangan berbasis institusi dengan cara penyusunan studi awal Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) secara terpusat.

Selain itu optimalisasi serta revitalisasi IPAL dan Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja serta fasilitasi pembentukan, penguatan institusi pengelolaan penanganan air limbah permukiman di tingkat kabupaten.

Pihaknya juga mengembangkan sanitasi berbasis masyarakat melalui peningkatan prakarsa warga, ujar dia.

Selain itu keikutsertaan masyarakat secara aktif pihaknya juga melakukan peningkatan kemampuan warga dengan kegiatan pendamping, pengembangan IPAL skala komunal.

Menurut dia, kemudian pengembangan drainase berbasis warga dan pemberian fasilitas sanitasi berbasis masyarakat.

Yang jelas, peran serta anak sebagai agen perubahan menuju kehidupan yang sehat sangatlah penting sehingga itu perlu didukung bersama, katanya.



Post Date : 23 Mei 2013