Waspola Facility: Semester 2 Report July-December 2013
Document No: 053/2014AWP1/C4/MR1-6 WB TF 071267 Australian Aid Initiative INI 390

Pengarang:Waspola Facility
Penerbit:Jakarta: Waspola Facility, 2014
Halaman:83 Hal + tab + grafik; 28 cm + Soft file
No. Klasifikasi:651.78 Was w
Kata Kunci:Air Minum, Sanitasi, Waspola Facility, RPAM, RPJMN, Nawasis, KSAN, Pelatihan Pengetahuan Menejemen, Festifal Cikapundung
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Laporan

Kerjasama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia sudah terjalin lama termasuk kerjasama yang terkait dengan pengadaan air minum  dan sanitasi. Pemerintah Australia dalam hal ini AusAid melalui Waspola Facility memberikan fasilitas dukungan dalam bentuk bantuan teknis bagi pemerintah pusat,  pemerintah daerah serta para pemangku kepentingan sehubungan dengan pengembangan pengadaan air minum dan sanitasi lingkungan untuk masyarakat Indonesia.  Fasilitas dukungan Waspola Facility difokuskan pada pembangunan kebijakan, implementasi kebijakan,  menejemen sektor dan menejemen proyek.

Pada  Pembangunan kebijakan , Waspola Facility memberikan dukungan terhadap review, analisis dan perumusan kebijakan dalam hal air minum dan sanitasi seperti untuk rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) dan rencana pengamanan air minum (RPAM).

Implementasi kebijakan berfokus pada serangkaian pelaksanaan kegiatan kebijakan untuk memperkuat kapasitas kelompok kerja WSES baik di tingkat nasional maupun lokal termasuk untuk para pengambil keputusan dalam menerapan kebijakan. Program ini meliputi memfasilitasi pemerintah daerah untuk proyek WSS seperti memfasilitasi pengadaan air dan sanitasi di Sumatera Barat, memfasilitasi workshop tentang konsolidasi implementasi RPAM dan kegiatan lainnya; serta  peningkatan kapasitas pemerintah daerah yang dilaksanakan di Bandung melalui program RPAM yang terdiri  dari workshop, pelatihan, pertemuan kelompok kerja WSES, dan  kegiatan masyarakat dalam majelis reboan.

Kegiatan yang terkait dengan menejemen sektor diantaranya adalah  pembangunan National Water Supply and Sanitation Information Services (NAWASIS), membuat video dokumenter dan publikasi tentang RPAM; memfasilitasi penyelenggaraan KSAN 2013; penyelenggarakan penghargaan AMPL di KSAN 2013; Komunikasi, menejemen pengetahuan dan kemitraan; dan mengelola situs Waspola Fasility; pertemuan/diskusi pertukaran pengetahuan; Festival Air Bandung (Cikapundung); dan publikasi.

Menejemen proyek dengan melaksanakan pertemuan rencana dan evaluasi kerja Waspola Facility, menfasilitasi pertemuan steering committee, dan persiapan pertama rencana kerja Waspola Facility RE, BE.



Post Date : 29 April 2014