Lebih Sehat dan Sejahtera dengan Air Minum dan Sanitasi Berkualitas : Laporan Pelaksanaan 2011

Pengarang:Budi Yuwono (Kata Sambutan), Danny Sutjiono (Kata Pengantar)
Penerbit:Jakarta: Sekretariat CPMU Pamsimas, 2011
Halaman:86 hal + foto + tabel; 25 cm
No. Klasifikasi:623.854.598 LEB
Kata Kunci:Laporan Pelaksanaan, Pamsimas, AMPL, Pedesaan, Pinggiran Kota, CTPS, PHBS
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL. Telepon 021-31904113
Kategori:Laporan

Pamsimas merupakan salah satu program kegiatan di bidang air minum dan sanitasi yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah di pedesaan dan pinggiran perkotaan (peri-urban) dan dilaksanakan melalui pemberdayaan masyarakat. Tujuan dari pelaksanaan Pamsimas ini adalah meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin pedesaan dan daerah pinggiran kota (peri-urban) serta menerapkan praktek hidup bersih dan sehat dengan membangun sarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yang berkelanjutan dan mampu diadaptasi oleh masyarakat. 

Buku ini menyajikan berbagai program yang telah dilaksanakan oleh Pamsimas yang didahului dengan latar belakang dan gambaran umum Program Pamsimas, dilanjutkan dengan konsep Pamsimas yang terdiri dari tujuan dan sasaran program, prinsip pendekatan pelaksanaan program, pengelolaan program, komponen program, replikasi program, serta sumber pendanaan, alokasi dan cara pembayaran. Disini dipaparkan pula pelaksanaan program dan hasil yang dicapai yang terdiri dari langkah-langkah pelaksanaan program, lokasi sasaran program, capaian program, dan kisah sukses dari lokasi Pamsimas. Tidak ketinggalan pula dijelaskan permasalahan dan tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan program serta harapan ke depan dari pelaksanaan programPamsimas.

Melalui sektor air minum dan sanitasi yang dilaksanakan oleh Pamsimas diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk membantu mengentaskan kemiskinan.

 

 



Post Date : 12 April 2013