Tahun Ini Ditarget 232 Kabupaten/Kota Serius Bangun Sanitasi Daerah

Sumber:jaringnews.com - 10 April 2013
Kategori:Sanitasi

Sebanyak 232 kabupaten/kota menyatakan serius membangun sanitasi di daerahnya. Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan 123 kabupaten/kota peserta Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) sudah menyusun dokumen perencanaan teknis berupa Buku Putih Sanitasi (BPS) dan Strategi Sanitasi Kota (SSK).

Selain itu, pada tahun ini pula sebanyak 109 kabupaten/kota lanjutan program tersebut akan menyusun dokumen Memorandum Sanitasi (MPS).

“Penyusunan dokumen perencanaan sanitasi berupa BPS, SSK dan MPS ini merupakan tanggung jawab Kabupaten/Kota. Hal ini dikarenakan pemerintah daerah lah yang paling mengetahui kebutuhan pembangunan sanitasi di daerahnya, bukan pemerintah Provinsi atau Pemerintah Pusat,” papar Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) Ditjen Cipta Karya, Djoko Mursito dalam keterangannya.
Lebih lanjut disampaikan Djoko, Dokumen BPS, SSK dan MPS merupakan dokumen milik Kabupaten/Kota, namun dokumen ini tidak hanya akan dimanfaatkan oleh Kabupaten/Kota saja melainkan dapat pula dimanfaatkan oleh pihak lain mulai dari pihak Provinsi, Pusat, Swasta maupun lembaga donor.
“Dengan melihat BPS, SSK dan MPS, pihak investor dapat mengetahui kebutuhan pembangunan sanitasi di suatu daerah, sehingga pihak investor dapat melihat investasi pembangunan sanitasi di daerah,” ungkap Djoko.



Post Date : 10 April 2013