Dinkes 'Musnahkan' Jamban Kurang Sehat

Sumber:krjogja.com - 26 Agustus 2013
Kategori:Sanitasi

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo tahun 2013 memberikan bantuan pembuatan 250 unit jamban sehat bagi masyarakat yang kurang mampu dari dana APBD. Menyusul Kebutuhan jamban sehat di beberapa desa sangat mendesak. Karena belum semua keluarga memiliki jamban sehat, sehingga kadang warga masih banyak yang memanfaatkan model jamban cemplung. 

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo dr H Bambang Haryatno MKes, bantuan diberikan hampir merata di semua kecamatan. Tahap pertama sudah diberikan sekitar 150 unit. Sedangkan tahap kedua dalam waktu dekat, karena ada susulan hasil dari evaluasi. Sebab di saat tahap kedua mau diberikan ternyata ada yang sudah membuatnya sendiri, sehingga survei lagi agar pemberian bantuan jamban tersebut memang diberikan bagi keluarga yang benar-benar miskin.

"Kami berharap, dari program tersebut kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat dan bersih semakin meningkat. Dengan terus mendorong adanya konsep Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Diharapkan angka munculnya penyakit yang disebabkan sistem sanitasi yang buruk bisa diminimalisir. Kesadaran hidup sehat memang harus terus ditingkatkan. Terutama di kalangan masyarakat kurang mampu dengan memiliki jamban sehat,"tambahnya, Minggu (25/8/2013).

Masih minimnya jamban sehat ini, juga diakui Kades Hargowilis Dalijan. Di wilayahnya masih banyak yang belum memiliki jamban sehat. Karena kebanyakan warga masih menggunakan model jamban cemplung atau berupa kubangan dari cor-coran semen, bukan dalam bentuk kloset seperti pada umumnya. Sehingga, tingkat kesehatan dan kebersihannya masih kurang layak. Tahun ini, pihaknya dapat bantuan pembuatan 15 unit jamban sehat dari Dinkes. Sebagian sudah direalisasi, tapi itu masih belum mencukupi. Tahun depan akan diusahakan agar bisa dapat lagi.



Post Date : 26 Agustus 2013