Pakar : Solusi Banjir Jatibening, Bikin Sumur Resapan!

Sumber:gobekasi.com - 27 Februari 2014
Kategori:Banjir di Jakarta

MENJADI wilayah langganan banjir, Kelurahan Jatibeningbaru dan Jatibening harus banyak memiliki sumur resapan. Tak hanya untuk mencegah banjir, sumur resapan juga memiliki segudang fungsi lain.

Yakni, megurangi erosi tanah, menanggulangi kekurangan air bersih, mempertahankan tinggi muka air tanah dan mencegah penurunan tanah. Demikian dikatakan Dosen Fakultas Teknik Universita Trisakti Diana saat melakukan sosialisasi di aula Kelurahan Jatibeningbaru, kemarin.

Ya, dua kelurahan itu sengaja menghadirkan pakar lingkungan dari Trisakti untuk membantu warga mengatasi banjir lewat pembuatan sumur resapan. ”Sehingga apabila hal ini bisa diterapkan setiap rumah ada satu sumur resapan dan drainase, maka akan efektif mengurangi banjir,” beber Diana  sembari mengatakan akan melibatkan mahasiswa saat melakukan praktek pembuatan sumur resepan.

Sementara itu, Ketua RT 11/05, Ari menjelaskan memang wilayahnya menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Setiap banjir, kata dia, ketinggian air hingga mencapai atap rumah.
”Ya memang adanya sosialilsasi ini awalnya ketua RW 5 yang mengajak dosen Universitas Trisakti untuk bisa mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana untuk bisa menanggulangi masalah banjir di wilayah kami,” jelasnya. 

Sementara itu Lurah Kusnadi mengatakan, ”Ya, memang dengan adanya sosialisasi ini semoga banjir yang biasa menggenangi empat titik di Jatibeningbaru bisa berkurang. Tentunya dalam hal ini pihak Pemkot juga harus bisa mendukung untuk normalisasi saluran.”



Post Date : 28 Februari 2014